Kategori
BERITA INTERMEZZO PO Bus Review

Nostalgia PO Terang Jaya, sang Sapu jagat Wonogiri

Nostalgia PO Terang Jaya, sang Sapu jagat Wonogiri –

Fightomotive.com // Haill Busmaniac… Sekedar ber Nostalgia PO Terang Jaya Bus AKAP rasa Bumel sang Sapu Jagat dari Wonogiri yang telah lama mati. Dibawah naungan Jadi Mulyo Group dan pernah menjadi satu Team dengan Selokaton.

Nostalgia PO Terang Jaya
PO Jadi Mulyo ilustrasi

Nostalgia PO Terang Jaya

Yaps… Kenapa saya tertarik menulis tentang Bus jadul yang satu ini…? Simpel sih karena dulu saya dan keluarga merupakan pelanggan setia untuk melakukan perjalanan dari Manyaran menuju Jakarta. Jadi begitu banyak kenangan yang melekat dalam ingatan, tentang perjuangan dan pengorbanan orang tua menuju kecukupan materi. Dahulu sebelum zaman Bus Mewah dan nyaman seperti sekarang PO Jadi Mulya kelas Ekonomi merupakan pilihan Ortu saya menuju Jakarta. Selain harga tiketnya ekonomis, Bus AC juga masih terbatas saat itu Brad’s, jadi bus mesin depan Hino ini sudah cukup. Jauh dari kata nyaman jika dibandingkan dengan armada bus jaman sekarang, waktu tempuh juga sangat lama karena lewat jalan biasa. Hanya Tol Semarang dan Cikampek yang tersedia, selain itu suooossshhh di jalur Patura atau Panturace istilah lebih kerenya.

Bus Jadul Jadi Mulyo pic by Google

Berhenti beroperasi sejak 2001

Tentang sejarah dan informasi PO Jadi Mulyo Group memang sangat minim karena lahir dan mati sebelum era Smartphone. Jadi gambar yang beredar juga minim banget saat butuh buat referensi, jadi hanya mengandalkan ingatan dan imajinasi saja. Yang jelas bus berwarna dasar Putih dengan Livery stripe biru merah dan kuning dengan suara mesin depan garing Ngrangggg ngrangggg. Dulu biasa naik dari Terminal manyaran agenya Almarhum Pak Tarjo, karena langganan jadi sudah akrab banget. Bahkan tiket boleh diutang dan bayar pas bapak pulang kampung lagi karena udah dianggep seperti saudara mungkin ya.

Seinget saya terakhir Jadi Mulyo jatah Manyaran sudah AC Ekonomi sekitar tahun 1996an, pake AC Gantung yang aneh saat itu. Setelah itu digantikan Oleh Bus Terang Jaya Ekonomi Non AC, dan sepertinya hanya 2 unit satu ngulon dan satu ngetan. Bus ini juga jadi langganan para pedagang dari Kota Gaplek Wonogiri maupun kota yang dilewatinya karena mau membawa barang dagangan. Banyak juga yang nitip dagangan terutama di Boyolali seperti Kacang, Tewel/nangka sayur dan lainya jadi bagasi penuh dengan karung. Dan imagenya kuat sebagai Bus Sapu jagat AKAP rasa Bumel bonus suara krekit krekit dan gemblodag berbaur suara mesin gahar. Emblem Aero Queen di belakang pintu depan dan Kijing mesin pancen menyimpan kenangan klasik dunia perbisan sampai sekarang.

Bupati Gunungkidul gunakan Maung Pindad untuk kendaraan operasionalnya

Sejarah Suzuki RGR 150, Motor Sport 2 tak impian

Gunung Kotak Manyaran Wonogiri, Instagramable banget

Sym Jet X 125, Matic gambot asal Taiwan

Nostalgia PO Terang Jaya
Bus Terang Jaya kecelakaan di Ciasem Subang pic by liputan6

Nostalgia PO Terang Jaya kecelakaan Fatal

Nah sekitar tahun 2001 merupakan masa kelam Bus yang mencoba bertahan hidup ini karena mengalami kecelakaan hebat diSubang Jawa Barat. Karena kelalaian sopir Bus menabrak Truk dan menyenggol Sepeda motor yang membuat 11 penumpang yang rata-rata asal Wonogiri meninggal dunia. Alhasil izin trayeknya dicabut dan berlangsung sampai saat ini, pupus sudah sejarah Jadimulyo Group dikancah dunia Bus Indonesia. Namun begitu kenangan dan jasa Bus dan Crew tak terlupakan begitu saja Brad’s, dia pahlawan bagi pejuang receh perantauan….

Semoga bermanfaat…
Salam Busmaniac…
By JeckminatoR☠️

(Visited 257 times, 2 visits today)

6 tanggapan untuk “Nostalgia PO Terang Jaya, sang Sapu jagat Wonogiri”

Terimakasih telah mempostingnya,sampai saat sy selalu mencari-cari gambar maupun Kondisi sampai bus ini stop beroprasi….yg pasti ini harta karun buat sy

Wah trimakasih juga udah mau mampir ke Blog ini mas Bro… Tapi sayang banget nyaris ta ada dokumentasi untuk sekedar referensi tentang Bus Terang Jaya dan Jadi Mulyo… Walaupun sudah mengkorek korek berbagai sumber di Internet tapi hasilnya hanya mentok disini…

Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.