Kategori
BERITA Harga Motor Motor SUZUKI

Sejarah Suzuki TRS Indonesia Motor Sport 2 tak

Sejarah Suzuki TRS Indonesia Motor Sport 2 tak –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Gara gara melihat motor sport 2 tak jadul buatan Suzuki Motor Indonesia jadi terbersit membuat artikel ini. Tentang Sejarah Suzuki TRS Indonesia, yang ternyata cukup minim informasi untuk referensi.

Sejarah Suzuki TRS Indonesia
Suzuki TRS jadul

Sejarah Suzuki TRS Indonesia

Yaps… Motor Sport 2 tak Suzuki ini lahir pas saya masih piyik, jadi untuk seluk beluk detailnya sedapetnya aja Brad’s. Menghimpun dari beberapa informasi TRS lahir pada 1980an kemudian disusul Suzuki TRZ sebagai penerus Suzuki GP100 dan GP125. Bedanya TRS mesinya berkapasitas 118cc sedangkan TRZ 125cc dengan batok lampu khas motor sport Suzuki saat itu yaitu Katana. Untuk model diatas Jujur saya belum pernah ketemu ya, atau mungkin dulu pernah liat tapi nggak merhatiin.

Batok Lampu Suzuki TRS Katana

Pada tahun 1990an pernah menjadi motor operasional PNS nih, karena saya sering liat yang plat merah waktu dikampung. Kalau ga salah itu generasi TRS X2 yang saya kenal, informasinya lahir pada tahun 1991 barengan RGR 150 dan Crystal. Berhubung dulu sering minjem TRS X2 punya om yang bekerja di PT Suzuki, kebetulan kemarin liat unit yang sama diparkiran. Jadi tertarik buat nulis artikel ini, sebelumnya pernah nulis sih pada artikel “Nostalgia Suzuki TRS” tapi hasil minjem gambar digoogle.

Sejarah Suzuki TRS Indonesia
Body Suzuki TRS

Desain

Motor Sport 2 tak khususnya TRS X2 lansiran diatas 1990 menurut saya sudah beraura Sporty modern dengan aksen mengkotak. Yang bikin keren desain tanki terlihat besar memanjang dan menyambung dengan cover body samping, bahkan joknya berkasen mengkotak namun empuk. Lampu belakang dan depan mengkotak dengan cover dan Windshield menambah kesan gagah, Speedometer ada tachometer dan indikator posisi gigi.

Speedometer Suzuki TRS

Namun tanpa indikator BBM, rem depan cakram dengan knalpot lurus beremblem tulisan Impulse yang iconic. Mesinya berwarna silver, karburatornya didalam blok kanan atau tersembunyi, mengurangi kesan gagah dan beresiko mati saat menabras banjir. Secara garis besar desain hampir mirip Yamaha RX King, karena memang baru trend model seperti itu.

Suzuki Raider J Crossover Bebek Trail dari Philippina

Honda CS1 produk gagal, berikut Reviewnya

Warna Kawasaki Ninja ZX25R 2022 dan harganya

Spesifikasi mesin TRS 118 dan 125

Motor 2 tak ini ada dua versi yaitu TRS berkapasitas 118cc dan TRZ 123cc, keduanya dibekali mesin 1 silinder. Bore 56.0 x Stroke 50.0 dengan karburator serta Rotary valve dan pendingin udara, persenelingnya manual 5 percepatan yaitu 1-N-2-3-4-5. TRZ memiliki Power Max 15HP @8.500rpm serta Torsi Max 12,7Nm @7.500rpm, itu saja informasinya Brad’s.

Sejarah Suzuki TRS Indonesia
Mesin Suzuki TRS dan Karburator didalamnya

Suzuki TRZ Katana 123cc beredar sampe tahun 1986 sedangkan TRS 118 cukup lama sampai sekitar 1994an nih. Karena sering make sempat kepincut pengen beli motor TRS karena cukup nyaman dan kencang suaranya garing dan padat tapi halus. Shockbreaker dan jok empuk serta tongkronganya gagah saat itu, apalagi dengan batok lampu yang mirip motornya Kotaro Minami. Yaps selamat bernostalgia… Semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By JeckminatoR☠️

Pict : dari parkiran ruko area Pondok Indah

Galery Foto Suzuki TRS 118 X2

Sejarah Suzuki TRS Indonesia
Knalpot Suzuki TRS Impulse
Cover Body Suzuki TRS samping

 

Body Samping Suzuki TRS

 

Tanki Suzuki TRS

 

Sejarah Suzuki TRS Indonesia
Lampu belakang Suzuki TRS
(Visited 28 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.