Kategori
BERITA INTERMEZZO Motor Motor China

Kanzen Taurus Ultima Bebek Trail Indonesia

Kanzen Taurus Ultima Bebek Trail Indonesia –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Kembali pada artikel flashback Bebek Trail buatan Kanzen Indonesia yang dicap sebagai Motor China. Yaitu Kanzen Taurus Ultima yang mencoba membuka segmen baru namun kandas di Jalanan.

 

Kanzen Taurus Ultima
Kanzen Taurus model Ultima Supermoto

Kanzen Taurus Ultima

Masih segar dalam ingatan era tahun 2000an dimana merk Motor China dengan berbagai model membanjiri Indonesia dengan harga yang menggiurkan. Kebanyakan mereka mengcopy Produk Honda khususnya Supra baik dari segi desain maupun konstruksi mesin, hanya material dan Durability saja berbeda. Di Karawang Jawa Barat berdirilah Pabrik Kanzen yang memproduksi motor serupa dengan Supra, sehingga Imagenya sebagai Motor China makin kental. Tapi pada tahun 2005 berhasil menelurkan produk hasil desain sendiri yang diberi nama Taurus mesinya identik dengan C Series Honda.

Kanzen Taurus Ultima
Iklan Bebek Trail Taurus Ultima

Desainya unik dan fresh dengan Headlamp jenong dan sein depan nonjol terpisah namun masih di area batok kepala. Tebeng depan lebar sayapnya 3 dimensi yang simpel dan aerodinamis menyatu dengan Undercowl sekaligus sebagai Cover Tanki yang berada didepan. Garis desainya Sporty dengan Body mengkotak yang membuatnya terlihat panjang, lampu belakang unik dengan sein terpisah menyembul ala tanduk. Dan ada fitur signal HP pada Speedometer yang indikator lampunya akan berkedip saat ada SMS atau Telepon masuk. Selebihnya sama dengan motor bebek kebanyakan yang beredar saat itu.

Kanzen Taurus Standard

Bebek Trail untuk segala medan

Pada tahun 2007 Kanzen mengembangkan Taurus menjadi Bebek Crossover atau semi trail dengan Groundclearence tinggi, saat itu Banjir sedang trend. Kanzen memberikan nama Taurus Ultima yang tersedia dalam pilihan velg jari dan Castwheel, tampilanya berbeda dengan standarnya. Secara desain sama dengan Taurus tapi Ultima dibekali Shock depan jangkung berpelindung karet, Spakbor depan ala trail, Handguard, tanpa Undercowl. Pelindung mesin bagian bawah, Body belakang melebar sekaligus menutup Silencer knalpot yang menekuk keatas dengan sein batang terpisah. Yang istimewa tipe Ultima ditambahi Tanki dibawah jok, jadi Tankinya dua yang satu posisi didepan Brad’s. Jelas tujuanya untuk mendapatkan daya jelajah yang lebih jauh tanpa harus sering isi bensin nih. Dan Motor Jangkung ini diplot penerjang banjir dalam mendongkrak penjualanya, saat itu Jakarta memang lagi trend banjir.

Iklan Jadul Honda Astrea Star dikoran 1987

Nostalgia PO Terang Jaya, sang Sapu jagat Wonogiri

Honda Win 100 China, namanya Pantera Lifo 100

Spesifikasi Kanzen Taurus Ultima

Motor Bebek Jangkung ini dibekali dengan mesin 4 langkah SOHC 100 cc yang identik dengan mesin Honda C Series dengan sistem Karburator. Memiliki Power Max 7,2Hp serta Torsi Max 7Nm yang disalurkan melalui Gearbox 4 percepatan saja. Berbeda dengan kakaknya yaitu Taurus kubikasi mesinya 110cc dengan Power Max 7,7Hp dan Torsi Max 8.04Nm dengan Transmisi semi otomatis 4 speed.

Kanzen Taurus Ultima

Namun sayang umurnya tak panjang karena kalah bersaing dengan Pabrikan Jepang, berbeda dengan Viar yang bisa bertahan sampai sekarang. Tahun 2010 Kanzen menutup Pabriknya… Padahal produknya lumayan awet dan kuat dibanding produk buatan china… Tapi Taurus tipe Ultima ini mendapat tempat tersendiri dihati konsumen dan masih banyak dicari terutama untuk Hobby… Barangkali ada yang masih miara motor jenis ini Brad’s… Boleh testimoninya di komentar deh hehehe
Semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By JeckminatoR☠️

Note pic by Google & FB

(Visited 6 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.