Kategori
BERITA Motor SUZUKI

Sejarah Suzuki RGR 150, Motor Sport 2 tak impian

Sejarah Suzuki RGR 150, Motor Sport 2 tak impian –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Kilas balik yuk ke Sejarah Suzuki RGR 150 pada era kejayaan motor 2 tak atau 2 langkah. Dimana motor besutan Suzuki ini cukup gagah kencang dan modern pada masa itu serta menjadi impian kaum muda.

Sejarah Suzuki RGR 150
Spesifikasi Suzuki RGR150

Sejarah Suzuki RGR 150

Merupakan motor sport yang mengusung mesin berkapasitas 150cc 2 langkah dengan tampilan Sporty dari Suzuki. Di Indonesia ada 3 generasi dari RGR 150 ini, namun sayang masa edarnya tergolong cukup pendek pada tiap generasinya. Uniknya lagi identitasnya diambil dari nama motor bebek suzuki yang lampu belakangnya dipakai pada tiap generasi motor ini. Motor ini dibekali teknologi tingkat tinggi pada zamanya yaitu SIPC (suzuki intake pulse control) dan SSS (suzuki super scavening system). SIPC berfungsi mengontrol masuknya bahan bakar sesuai kebutuhan mesin sedangkan SSS bertugas memberi asupan udara lebih besar saat RPM Tinggi.

Yaitu generasi pertama RGR Sprinter karena lampu belakangnya memakai punya Sprinter, RGR Crystal memakai lampu belakang Crystal. Dan generasi terakhir adalah RGR Tornado karena lampu belakang memakai punya Tornado, ketiganya merupakan lampu belakang motor bebek Suzuki. Semuanya telah memakai Shockbreaker belakang Monoshock serta rem depan Cakram dan belakang tromol dengan velg jari-jari.

Sejarah Suzuki RGR 150
Suzuki RGR Sprinter (pic by suzuki.co.id)

3 Generasi RGR Indonesia

Yaps generasi pertama brojol pada tahun 1990an dan disebut RGR Sprinter karena lampu belakangnya memakai milik Sprinter yang berbentuk Prisma. Dengan desain Sporty ramping dan mengkotak dengan moncong depan dan tanki memanjang yang mengalir dinamis sampai kabagian buntut. Memakai Half fairing serta undercowl dengan sasis twin spar, Footstep belakang model gantung dengan knalpot sporty. Masih memakai velg jari jari dengan rem depan Cakram serta lampu sein depan belakang model batang. Model ini beredar mulai tahun 1990 dan stop produksi pada tahun 1992 atau sekitar 2 tahun saja.

Suzuki RGR Crystal (pic by google)

Generasi kedua hadir mulai tahun 1993 sampai 1995 dikenal dengan nama RGR Crystal karena memakai lampu belakang milik Suzuki Crystal. Desainya berubah menjadi sedikit modern dengan aksen sedikit membulat dan gembung tanpa sudut tajam dan sudah Full Fairing. Lampu sein belakang juga berubah menyatu dengan Stoplamp, jadi bukan model tangkai lagi dan masih velg jari serta rem depan Cakram. Untuk selebihnya masih sama dengan versi pendahulunya Brad’s, cuma tampilanya lebih modern dan khas motor sport 90an.

Sejarah Suzuki RGR 150
Suzuki RGR Tornado

Generasi ke 3 disebut RGR Tornado dengan masa edar 1995 sampai 1997 karena menggunakan lampu belakang Suzuki Tornado series. Desainya lebih luwes dan modern masih dengan Full Fairing beraksen membulat serta menggembung, dimensinya terlihat lebih besar. Oh iya sein belakang masih sama menyatu dengan stop lamp nih, masih velg jari dan rem depan cakram belakang tromol.

Warna baru Suzuki Satria F150 2021 dan harganya

Suzuki TRS pengalaman pertama belajar motor kopling

Bundelan Hill Gunungkidul, asyiknya nongkrong di Platar Watu Mas Gandul

Honda New Megapro yang ngangenin, gagah nyaman dan irit

Sejarah Suzuki RGR 150 Indonesia

Dibekali dengan mesin 1 silinder tegak 2 tak 150cc (147cc) berpendingin udara dengan Reed Valve. Memiliki Power Max 26,5ps @9.500rpm serta Torsmi Max 17,16Nm @8.500rpm yang disalurkan melalui transmisi manual 6 speed. Berikut spesifikasi lengkapnya

Spesifikasi mesin Suzuki RGR 150
Mesin
Engine Type : 2 Stroke, Forced Air-Cooled
Bore x Stroke : 59.0 x 54.0 mm
Volume Silinder : 147 cc
Maximum HP : 26.5 Ps/9,500 Rpm.
Maximum Torque : 2.1 Kg.m/8,000 Rpm.
Fuel System : Sss And Sipc
Intake System : Piston And Reed Valve
Starter System : Primary Kick
Lubrication System : Suzuki CCIS
Transmission Clutch System : Wet Multi-Plate Type
Transmission : 6 Speed Constant Mesh

Dimensi
P x L x T :  x 1,970 x 1,120 x 680 mm
Weight : 99.8 Kg
Front Suspension : Telescopic, Coil Spring, Oil Dampened
Rear Suspension : Swing Arm, Oil Dampened
Front Tire Size : 2.75 – 18 4pr
Rear Tire Size : 3.00 – 18 4pr

Kapasitas
Fuel Tank : Including Reserve 11 Liters
Engine Oil Tank : 1.2 Liters

Motor sport keren gagah dan ganteng dizamanya ini memang memiliki performa yang gahar Brad’s, walaupun image borosnya melekat erat padanya. Tetap saja menjadi impian kaum muda seperti saya, walaupun hanya mimpi hehehe. Tau sendiri deh pada saat itu harga motor emang cukup mahal dan tak terjangkau oleh semua kalangam termasuk saya. Karena punya Astrea Grand Motor pertama saya aja butuh perjuangan yang berat banget harus stop jajan dan utamanakan menabung.

Barangkali ada yang punya kenangan dengan Suzuki RGR150 Indonesia…? Berarti anda Sultan yang ganteng pada zamanya… Semoga bermanfaat… Salam Cah Nggunung…
By JeckminatoR☠️

Notte : Fotto dikumpulkan dari google

(Visited 114 times, 1 visits today)

2 tanggapan untuk “Sejarah Suzuki RGR 150, Motor Sport 2 tak impian”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.