Sejarah Yamaha RXZ motor Sport 2 Tak

Sejarah Yamaha RXZ motor Sport 2 Tak –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Sedikit coretan Nostalgia tentang Motor Sport besutan PT Yamaha Indonesia Motor Mfg yang punya tampilan gagah dan jantan dimasa lalu. Yaitu tentang Sejarah Yamaha RXZ 135 Motor Sportnaked pada masa kejayaan Motor 2 Tak di Indonesia.

Sejarah Yamaha RXZ

Yamaha RX Z135 pic google

Sejarah Yamaha RXZ

Yaps… Diera kejayaan Motor 2 Tak Pabrikan Yamaha cukup disegani karena memiliki jajaran Line up yang cukup ternama terutama RX Series. Antara lain RX 100, RX S sampai RX Special, RX K sampai RX King dan RXZ beserta saudaranya RZR. Nah kali ini yang akan kita bahas adalah Sejarah Yamaha RXZ 135 Motor bergenre Sportnaked yang punya saudara Full Fairing Yamaha RZR. Yamaha RXZ pertama hadir di Malaysia dan Singapura tahun 1985 dengan Mesin 2-Tak berkapasitas 135cc mengusung Gearbox 5 percepatan. Kemudian pada 1986 mendapat sentuhan Knalpot model baru serta tambahan Undercowl atau Cover Engine. Pada tahun 1987 RX Z masuk pasar Indonesia yang kemudian bersaing dengan Kawasaki AR125 dan Suzuki RGR 150.

Sejarah Yamaha RXZ

Yamaha RXZ disitus Marketplace

Pada tahun 1990 Yamaha RX Z terbaru hadir dengan mendapat Upgrade menjadi 6 Speed, serta Shockbreaker belakang model tabung. Kemudian mendapat penyegaran warna pada tahun 1993, dan masa edar RX Z di Indonesia berakhir sekitar tahun 1999. Sedang diluar sana RXZ masih beredar dengan Catalizer untuk menekan emisi gas buang pada 2008, kemudian 2009 dijejali Catalizer terbaru. Nah sampai disini pengembangan mesin 2 Tak khususnya RXZ dihentikan karena semua Pabrikan beralih dan fokus pada pengembangan mesin 4-Langkah. Sebenarnya RXZ memiliki saudara kembar yang menjadi pelopor Motor Full fairing Yamaha, nanti kita bahas dilain waktu biar lebih detail.

Yamaha RX Z pic by Google

Desain dan performa

Desain Yamaha RX Z pada saat itu tergolong Racy gagah dan gahar khas Motor Sportnaked berperforma tinggi. Headlamp mengkotak yang kental Aura Racy 80-90an, Stang jepit, Tanki besar menyatu manis dengan body samping dan belakang. Body belakang dan lampunya agak besar menyatu manis menambah kesan gagah senada dengan knalpot dan buritan jok yang agak nungging. Lah wis pokoknya Obat ganteng era 80-90an deh karena tampilanya Laki banget dan sempet menghantui alam bawah sadar saya hehehehe.

Sejarah Yamaha RXZ

Yamaha RXZ pict by google

Untuk Mesin Yamaha RX Z berkapasitas 135cc Bore X Stroke 56×54 mm, berbeda dengan RX King walau kapasitas mesinya sama. Bore X Stroke RX King adalah 58×50 yang membuatnya ganas diputaran bawah sedangkan RXZ lebih bengis diputaran atas. RXZ memiliki Power 15kW(20PS) @8.500rpm dan Torsi 18,1Nm @7.500rpm yang disalurkan melalui Transmisi Manual 6-Percepatan 1-N-2-3-4-5-6. Topspeednya diklaim tembus 150 Kilometer/jam, weih ngeri ga tuh…

Brosur Iklan Yamaha RXZ lawas

Penjualan RXZ tak terlalu laris karena termasuk Motor Sport mahal dijamanya, berbeda dengan RX King yang laris manis. Makanya RXZ jarang banget terlihat bersliweran dijalanan, beda sama King si Motor Jambret yang bisa temukan ditiap sudut daerah. Tapi masalah harga sekarang ini RXZ ga kalah mahal lho sama RX King, apalagi motor ini cukup langka. Sebenernya RX-Z adalah motor impian saya dan saat itu entah kenapa saya memilih Astrea Grand huhuhu…

Sejarah Honda CS1 Produk gagal Spesies aneh

Sejarah Suzuki TRS Indonesia Motor Sport 2 tak

Sejarah Yamaha Vixion Part1, Rajanya motor Sport

Fotto pengguna Yamaha RXZ

Spesifikasi Yamaha RX-Z 135

Tipe Mesin : 2-stroke, air-cooled, forward-inclined single cylinder
Silinder : 133cc
Diameter x Langkah : 56 x 54 mm
Rasio Kompresi : 7 : 1
Daya Maksimum : 15 kW (20 PS) @ 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 18,1 Nm @ 7.500 rpm
Maksimum : 150 km per jam
Transmisi : 6-speed return
Tipe Rangka : Underbone Steel Tube
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Dual Shock
Rem Depan : Disc Brake, Single Piston
Rem Belakang : Drum Brake
Berat Kosong : 106 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 13 liter

Sejarah Yamaha RXZ

Yaps… Semoga artikelnya bermanfaat dan menambah wawasan kita nih, dan yang pernah atau masih miara RXZ boleh dong share dikolom komentar.
Salam Fight and Ride…
By Mas Jeck ☠️

Notte : Pic dari berbagai macam sumber di Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *