Kategori
BERITA Harga Motor INTERMEZZO Motor Review SUZUKI

Suzuki Satria 120R, motorku ke 4

Suzuki Satria 120R, motorku ke 4 –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Artikel Nostalgia nih tentang Motor Bebek Sport 2 tak Suzuki Satria 120R yang terkenal kencang dan boros. Dimana motor besutan PT Indomobil Suzuki International ini pernah menjadi tunggangan saya selama hampir 2 tahun.

Suzuki Satria 120R
Suzuki Satria 120 R 2 tak

Suzuki Satria 120R

Yaps motor Bebek Sport 2 tak dari Suzuki ini sempat merajai dan menjadi idola Biker Indonesia pada masa jayanya. Masa edarnya mulai tahun 1997 sampai 2005 dengan 4 generasi, kemudian stop produksi karena terbentur regulasi standar emisi gas buang. Saat itu harga bekasnya sempat anjlok Brad’s, tapi sekarang kembali menjadi buruan para pecinta motor 2 tak. Sekitar tahun 2006 saya membeli Satria 120R second warna Biru Kuning rakitan tahun 2003 dengan kondisi masih lumayan. Meski imagenya boros BBM tapi karena kepincut desain, teknologi dan performa akhirnya nekat hunting motor ini. Apalagi dulu saya pernah bekerja pada line produksi Satria di Suzuki Motor Tambun 1, jadi sedikit faham kelebihan motor ini.

Suzuki Satria 120R
Iklan Satria Lumba lumba Banner

Satria 2 tak memiliki desain Sporty perpaduan shape kotak dan membulat yang cukup dinamis, cukup proposional banget. Mesinya tegak 6-speed berpendingin kipas Jetcooled didekap dengan rangka Underbone Double Cradle besi kotak dengan Shock belakang sudah Monoshock. Pokoknya setiap detailnya cukup mengagumkan menurut saya, dan tak ada kompetitor sepadan saat itu sebelum era matic menyerang.

Kekurangan Satria 120 R dan kelebihanya

Meskipun begitu tetap aja motor ini memiliki kekurangan, baru faham sih setelah menggunakan untuk harian. Yang pasti motor ini cukup boros dan bukan rahasia umum sih, tapi terbayar sama performa terutama jambakan mesinya Brad’s. Pas dibawa mudik ke Gunungkidul terhitung 5 kali isi BBM Fulltank untuk menempuh jarak sekitar 600km kondisi jarum mepet E. Oli samping juga habis 2 botol, saat panas mesin ngempos atau hilang tenaga, apalagi ketemu tanjakan Nggombel Semarang.

Hanya Foto Kamera VGA ini yang jadi kenangan bersama Satria

Untuk kelebihanya motor ini cukup anteb, handling mantab lincah untuk bermanuver dan Riding Position cukup rileks Brad’s. Enak buat akselerasi, rasik giginya padat karena 6-speed tapi gigi 6 loyo dan jarang kepake dan kaki-kakinya empuk. Motor ini pancen bakoh terlihat besar dan gagah dibanding kompetitor yang masih bermain dengan mesin selonjoran.

Mengenang PO Jadi Mulyo, Bus Wonogiri

Review Honda Blade 110R serta kekurangan dan kelebihanya

Iklan Yamaha Alfa II Jadul di Koran Pikiran Rakyat

Suzuki Satria 120R
Vector Bekakas Satria 120 R

Motor Boros yang tersia-siakan

Nah sekitar tahun 2008 kenaikan harga BBM serta pembatasan regulasi ikut menghembuskan isu tak sedap bagi motor 2 tak. Harganya jadi anjlok dipasaran karena Boros BBM yang membuat saya ikut panik dan akhirnya menjual dengan harga pasaran saat itu. Sampai akhirnya Kawasaki Kaze R 2002 generasi kedua masuk Garasi menggantikan Bebek Boros yang tersia-siakan ini. Untuk Kawasaki Kaze R kita bahas pada artikel selanjutnya deh…

Harga bekas Suzuki Satria 120 makin menggila

Suzuki Satria 120 R ini dibekali mesin silinder tunggal Tegak 2 tak berkapasitas 120cc berpendingin udara model kipas (Jetcooled). Memiliki Power Max 13,5PS @8.000rpm serta Torsi Max 1.5kgf.m @7.000rpm yang disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan 1-N-2-3-4-5-6. Nah… Jadi kangen dengan motor ini Brad’s… Dan sekarang harganya malah nangkring karena banyak diburu kolektor… Tapi setidaknya pernah memilikinya deng… Tapi sayang ga sempet ngabadiin foto2nya karena dulu ga kepikiran kalau buat dokumentasi… Semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By JeckminatoR☠️

Fotto sumber by FB and Google.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.