Kategori
BERITA HONDA INTERMEZZO Motor Review

Supra Injeksi mbrebet mati, begini solusinya

Supra Injeksi mbrebet mati, begini solusinya –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Sharing pengalaman seputar problem motor Supra Injeksi Mbrebet mati yang membuat perjalanan kita terganggu ni. Kebetulan saya mengatasinya dengan Injector Cleaner merk Aspira Astra Otopart untuk motor Bebek produksi AHM yaitu Supra x 125 injeksi.

Supra Injeksi Mbrebet Mati

Yaps seperti yang saya ceritakan sebelumnya nih, saya beli motor Supra X 125 bekas dan saya namai Suboer. Meskipun good Condition saya juga ga tau nih tipikal pemakai sebelumnya, jadi harus meraba-raba saat terjadi trouble pada motor ini. Nah pas berjalan sekitar 2 mingguan muncul gejala mbrebet dan motor sering mati, tapi masih bisa teratasi dengan cara digeber. Dan sembuh setelah saya bawa muter-muter dengan sesekali kecepatan tinggi dan kadang main rpm tinggi atau dibleyer. Feeling saya sih owner sebelumnya memakai BBM jenis Premium atau Pertalite, karena gejalanya mbrebet seperti saluran bensin tercekik serta letupan. Tapi semenjak ditangan saya si Suboer ini selalu minum Pertamax Brad’s, untuk meminimalisir kerak karena terdapat zat adictive.

Supra Injeksi Mbrebet Mati
Injector Cleaner Aspira untuk Supra X 125 Fi

Motor Injeksi mati setelah dicuci

Nah kejadianya kemaren nih waktu nyuci si Suboer iseng saya semprot bagaian atas mesin, kan disitu posisi Thortle Body. Selain itu ada Socket kelistrikan yang cukup banyak Brad’s, tapi seharusnya ngga ngaruh sih kalau semua dalam kondisi baik. Kelar nyuci langsung starter dan dibawa jalan tanpa kendala, abis itu parkir ampe sore. Malemnya pas mau dibawa jalan lagi malah mbrebet dan nyendat-nyendat seperti kecekik, sama kaya mau keabisan bensin. Diselah idup bentar lalu mbrebet dan mati lagi, diselah lagi ga ngrespon malah ada suara letupan dari bagian Thortle Body Brad’s. Karena udah malem saya diemin niatnya bongkar besuk pagi, nah coba starter idup lagi dan berulang mbrebet trus mati.

Aspira Injector Cleaner

Suzuki Satria 120R, motorku ke 4

Harga TVS Max 125, ada tipe Semi Trail

Harga Suzuki Smash Fi dan pilihan warnanya

Pake Injector Cleaner

Setelah mencari referensi problem solved berdasarkan gejalanya saya putuskan untuk membeli Injector Cleaner Brad’s. Karena lebih praktis dan mudah tinggal isi penuh Tanki BBM dan dicampur dengan Injector Cleaner atau dituang kedalam tanki. Fungsi Injector Cleaner adalah membersihkan kotoran dan endapan karbon pada Injector, saluran bensin dan ruang bakar. Harga Injector Cleaner Aspira dari Astra Otopart untuk motor hanya Rp 35.000,- kalau di online cuma 20 ribuan untuk 60ml.

Supra Injeksi Mbrebet Mati
Mencampur Injector Cleaner dengan Bensin Full Tank hasilnya lebih maksimal

Setelah mencampur Injector Cleaner dan BBM Fultank didalam tanki, kontak saya putar ke posisi on sampai indikator check engine menyala. Saya ulangi sebanyak 5 kali supaya bensin terpompa maksimal ke Thortle Body dan setelah itu motor dihidupkan saya bawa muter-muter. Alhamdullilah Mbrebet hilang dan motor ga mati-mati lagi, tarikan jadi lebih entengdan plong, konsumsi BBM juga tambah irit.

Mbrebet hilang tarikan jadi enteng dan plong

Jadi kalau ada yang mengalami gejala Mbrebet pada Supra injeksi, bisa dicoba cara ini, cukup mudah praktis dan hemat. Tapi ini untuk motor injeksi yang Indikator MIL nya menyala normal atau 3 detik setelah kontak posisi ON. Kalau yang Indikator Check Engine menyala terus berarti perlu penanganan lebih lanjut karena mungkin ada kegagalan fungsi pada ECU. Selain itu mungkin pompa bensin maupun injector ikut bermasalah ,bisa diservice atau reset ulang sih, tapi mending ke bengkel aja. Yaps semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By JeckminatoR☠️

(Visited 6 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.