Kategori
BERITA Busmaniac INTERMEZZO PO Bus

Mengenang PO Jadi Mulyo, Bus Wonogiri

Mengenang PO Jadi Mulyo, Bus Wonogiri –

Fightomotive.com // Haill Busmaniac… Artikel Nostalgia Bus Jadul line Wonogiri Jakarta yang telah lama mati serta minim banget nih informasinya. Mengenang PO Jadi Mulyo Armada Bus langganan keluarga saya sejak tahun 80an silam.

Mengenang PO Jadi Mulyo
Pic by Google

Mengenang PO Jadi Mulyo

Yaps… Bus ini menyimpan kenangan, sejarah dan Jasa dalam perjalanan Orangtua saya saat merantau ke Jakarta Brad’s. Nah sejarah tentang Bus ini sangat minim dan susah digali, tapi masih tersimpan dalam memory saya. Entah tepatnya taun berapa ya, mungkin 1984an saya sering ikut antar kedua orang tua saat akan berangkat ke Jakarta. Saat berangkat biasanya dijemput kalau nggak ya stay di Agen Jadi Mulyo lokasinya di dekat pasar/terminal Manyaran milik almarhum Pak Tarjo. Saat liburan sekolah tiba biasanya saya disuruh nyusul ortu ke Jakarta, nah pastinya ya naik Bus ini juga. Karena ngikutin kebiasaan dan sekaligus rekomendasi Bapak saat itu, apalagi kalau pake nama Bapak boleh bayar belakangan alias ngutang.

Mengenang PO Jadi Mulyo
Pict from google ilustrasi + edit

Karena saat itu kalau kirim uang masih terbatas nitip orang yang pulkam, belum musim transfer kaya sekarang hehehe. Jadi suruh brangkat dulu naik Jadi Mulyo, bayarnya entar selesai liburan atau pas pulang kampung lagi… Entah sekitar tahun berapa ya Pak Tarjo meninggal karena Kecelakaan, usaha agen busnya diteruskan oleh Mas Beno sampai saat ini.

Agen Bus Terminal Manyaran

Berhenti Beroperasi

Sekitar tahun 2006 Bus Jadi Mulya infonya berhenti ngeline Jakarta Wonogiri, benar saja pas pulkam ga ketemu lagi Bus ini. Agenya di Manyaran diisi oleh PO Terang Jaya yang pernah saya ulas pada artikel “Nostalgia PO Terang Jaya”. Tapi karena image Jadi Mulyo masih melekat di agen ini, maka para pelanggan tetap memilih agen ini meski Busnya berbeda. Karena selain Bapak saya, saudara dan tetangga memang banyak yang berlangganan agen ini sejak era Jadi Mulya sampai Terang Jaya. Jadi lebih pada kebiasaan dan kenyamanan pelanggan, selain itu harganya juga paling murah dibanding Agen Bus lainya di Manyaran. Kompetitor yang buka agen di Manyaran ada Sedya Mulya, Timbul Jaya, Giri Indah, Dwi Karya, Tunggal daya dan Tunggal Dara.

Bus Jadi Mulyo jadul (by google)

Warna Honda Beat 2021 tipe CBS dan CBS ISS

Isuzu Phanter Stop Produksi, Revenge in Peace

Warna Yamaha XSR155 harga dan spesifikasinya

Masa kejayaan Bus Wonogirian

Jadi Mulya ini sempat mencicipi manisnya Dunia Bus pada era 80 sampai 90an saja sebelum banyak kompetitor yang lebih baik. Untuk masalah Bus jangan tanya kenyamanan deh, jauh banget kalau dibanding era sekarang dari semua sisi. Bahkan saat arus balik lebaran penumpang sampai membeludak sehingga harus mendatangkan Bus tambahan yaitu PO Selokaton.

Terbiasa dengan Armada ekonomi Non AC mesin depan dengan suara garing yang nyaring didalam kabin yang memberi sensasi tersendiri. Raungan mesing Ngrangggg Ngraanggg masih terasa akrab ditelinga, apalagi aksi Balap malam dijalur Pantura sepanjang Batang sampai Cikopo. Walaupun bukan Bus Kencang tapi juga memberi ketegangan tersendiri saat aksi saling Overtake di Panturace, sangat mempesona… Ya itulah tadi sedikit kilas balik dunia Bus masalalu yang minim informasi dan hanya mengandalkan imajinasi… Supaya ga hilang ditelan zaman sekaligus membuka ruang Nostalgia perjuangan para perantau dari Wonogiri…
Semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By JeckminatoR☠️

(Visited 27 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.