Sejarah Suzuki Tornado GS 110 dan Tornado GX 100

Sejarah Suzuki Tornado GS 110 dan Tornado GX 100

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Menulis artikel nostalgia Motor Bebek 2 tak lagi nih yang merupakan Produk legendaris dari PT Suzuki Indomobil Sales. Yaitu tentang Sejarah Suzuki Tornado GS 110 dan Tornado GX 100 yang beredar pada tahun 90an dan sepak terjangnya dipasar Indonesia.

https://www.suzuki.co.id/motorcycle

Brosur jadul Suzuki Tornado GX dan GS pict by google

Sejarah Suzuki Tornado GS

Yaps… Tornado GS 110 merupakan generasi pertama motor Bebek Suzuki memasuki era modern dengan desain futuristik dan Sporty pada waktu itu. Merupakan Suksesor dari Suzuki Crystal 110 yang mewariskan mesin dan performanya kepada Tornado GS sebagai penerus atau pengganti Crystal dipasaran. Desain dan dimensinya terlihat besar saat itu dengan perpaduan meruncing dan membulat berkesan Chuby dan Sporty. Headlamp mirip karakter Alpha pada film Power Rangers dengan Speedometer dengan indikator gigi 1-2-3-4, behel belakang berbahan pipa.

Sejarah Suzuki Tornado GS

Tornado GS 110 Motor 2 tak jadul Suzuki

Mesin berwarna hitam, knalpot model racing warna hitam bercover Chrome pada silencernya, tutup rantai model full dan Rem depan sudah cakram. Dudukan Footstep belakang berbahan plat model terpisah dari Swing arm dan Shocbreaker belakang model Cover perpaduan hitam dan Chrome. Kapasitas tanki BBM 4,5 liter dengan cadangan 0,5L, serta kapasitas Oli samping 1,3 liter. Pada tahun 1997 mendapat update tampilan mulai dari striping dan perubahan warna Silver pada Blok Mesin, Kick Starter, Swing arm. Tabung Shock depan dan dudukan Footstep belakang juga dipoles warna Silver serta Knalpot Full Chrome penutup rantai model baru.

Sejarah Suzuki Tornado GS

Suzuki Tornado GS Orisinil di Marketplace OLX

Tornado GS 110 beredar mulai tahun 1994 sampai stop produksi tahun 2004 atau lifetime sekitar 10 tahun karena terbentur regulasi. Selain itu pasarnya juga digeser oleh Suzuki Satria 120R si Bebek Sport bermesin tegak yang cukup gahar performanya.
Suzuki Tornado GS dibekali dengan mesin 2 langkah berkapasitas 109(110)cc Reed Valve, Karbutator berpendingin kipas udara & Jetcooled. Memiliki Power Max 13 Hp @7.500 rpm serta Torsi Max 12,5 Nm @7500rpm yang disalurkan melalui Transmisi semi otomatis 4-percepatan.

Logo Suzuki Tornado GS 110

Suzuki Tornado GX 100

Pada tahun 1997 Suzuki Tornado GX 100 meluncur bareng dengan Update Tornado GS 110 yang modelnya diturunkan untuk si GX. Sebagai paket hemat Tornado GX mengambil basic mesin Suzuki RC 100 dan memiliki beberapa perbedaan yaitu Rem depan masih Tromol. Knalpot model lurus dengan tembolok pada lehernya, Penutup rantai Full warna hitam senada dengan Swing arm, Blok mesin. Tabung Shock depan, tuas perseneleng, Selahan, Cover shock belakang, Tromol depan belakang juga dilabur warna hitam.

Sejarah Suzuki Tornado GS

Suzuki Tornado GX 100

Tornado GX dibangun dari Platform Suzuki RC 100 sekaligus penerusnya dengan mesin 2 tak berkapasitas 99(100)cc berpendingin udara Jet Cooled. Memiliki Power max 9,5Hp @7.500rpm serta Torsi Max 11,5Nm @5.000rpm yang disalurkan melalui Transmisi Kopling Otomatis 4-Speed N-1-2-3-4.

Sejarah Suzuki Tornado GS

Suzuki Tornado GX Orisinil di Marketplace OLX

Tornado GX beredar sejak tahun 1997 sampai sekitar 2004 menemani Tornado GS, Satria 120R dan Bravo RC100 dalam melawan Kompetitor. Sepak terjang Motor bersmesin 2 langkah ini terhenti karena regulasi emisi gas buang yang dituntut lebih minim polusi dan ramah lingkungan. Serta masa transisi dari era Mesin 2 langkah menjadi 4 langkah, saat itu kompetitornya adalah Yamaha Force 1 ZR.

Logo Suzuki Tornado GX 100

Warna Yamaha Mio S 2022 dan harganya

Warna Suzuki Address FI 2022 dan harganya

Harga Suzuki NEX Crossover, pilihan warna dan spesifikasinya

Sejarah Suzuki Tornado GS

Tornado GS 110

Kesan dengan Tornado Series

Ya saat itu cukup banyak temen yang miara Tornado GS maupun GX, jadi sering minjem dan ga asing sama performanya. Bahkan saat bekerja di PT Suzuki Motor Plant Tambun 1 saya dibagian Line Welding Muffler yang membuat Knalpot duo Tornado. Line utamanya Produksi Knalpot Satria 120R, dalam seminggu diseling 1 hari bikin Knalpot RC 100, Tornado GS dan Tornado GX.

Suzuki Tornado GX 100 motor 2 tak jadul dari Suzuki

Ya semoga Artikelnya bermanfaat… Eh iya… Kira kira masih ada nggak ya pembaca yang memelihara salah satu dari Tornado Series ini…?
Salam Fight and Ride…
By Mas Jeck ☠️

Note : Source Pic Random from Google

(Visited 42 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.