Kategori
BERITA HONDA Motor Motor Baru

Rem CBS Honda ADV150, pakai teknologi baru lebih aman

Rem CBS Honda ADV150, pakai teknologi baru lebih aman –

Fightomotive Blog // Haill Brad’s… PT Astra Honda Motor baru saja meluncurkan Skutik Advance 150 cc bertampang keren dan cukup Fenomenal. Sebagai pendatang baru tentu di bekali dengan fitur modern dong, nah yuk kenalan dengan sistem rem CBS Honda ADV150.

Rem CBS Honda ADV150

Merupakan salah fitur pada varian tipe CBS (combi brake system) sedangkan tipe ABS (anti-lock Barking system) hadir sebagai varian tertinggi. Sekarang kita kembali pada sistem pengereman CBS terbaru dimana fitur ini juga di sematkan pada Honda PCX 150 model 2018 brad’s. Prinsip kerjanya adalah menggabungkan antara rem depan dan rem belakang sehingga jarak pengereman lebih pendek. Sistem ini di klaim memberikan brake feeling yang lebih baik serta optimal.

Rem CBS Honda ADV150

Cara kerjanya

Sistem ini bekerja saat tuas rem tangan sebelah kiri (belakang) ditekan, secara otomatis rem depan dan rem belakang berfungsi bersamaan. Dengan pembagian tekanan 30% depan dan 70% belakang. Honda juga telah mengembangkan sistem CBS terbaru dengan sistem full Hydraulic dengan delay valve dan bukan menggunakan sistem mekanik lagi. Sehingga lebih aman akurat dan mudah di kalibrasi ulang. Delay valve berfungsi mengendalikan tekanan Hydraulic yang dihasilkan oleh masukan Brake lever belakang kemudian membuat jeda saat tuas kiri ditarik. Rem belakang akan melakukan pengereman lebih dulu baru kemudian bereaksi pada rem depan. Sehingga pengereman lebih halus dan tidak memberi efek kejut. komponen ini dipasang pada jalur hidrolik untuk brake lever belakang atau depan.

Rem CBS Honda ADV150

Dengan teknologi terbarunya sistem menggunakan Combined 3-POT Caliper pada rem depan. Dari ketiganya hanya dua yang bekerja untuk pengereman depan yaitu Kaliper besar yang berada pada kedua ujungnya. Sedangkan satu kaliper khusus untuk pengereman CBS atau rem belakang terletak ditengah dengan ukuran yang lebih kecil. Pengereman belakang CBS bekerja pada rem depan hanya dengan satu piston saja sedangkan rem depan hanya menekan dua piston. Pada saat dilakukan pengereman, jadi jelas ya lebih pilah karena masing masing memiliki peran dan cara kerja sendiri brad’s. Yaps sistem ini tentu berbeda dengan CBS versi sebelumnya yang mengandalkan proses mekanis dengan seling untuk menggerakan rem depan. Saat melakukan pengereman belakang, karena sistem lama ini perlu kalibrasi dan maintain berkala yaitu dengan mengecek kondisi kanvas rem belakang. Selalu mengatur ulang komposisi rem CBS 30% depan dan 70% belakang untuk menghindari kecelakaan akibat setingan yang berubah karena pemakaian. Yaps semoga infonya bermanfaat… Salam Cah Nggunung…
By JeckminatoR☠

(Visited 1 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.