Kategori
INTERMEZZO Motor Review SUZUKI

Review Suzuki Thunder 125, kekurangan dan kelebihanya

Review Suzuki Thunder 125, kekurangan dan kelebihanya –

Fightomotive Blog // Haill Brad’s… PT Suzuki Indonesia Sales (SIS) beberapa tahun silam sempat mencicipi manisnya penjualan motor sport murah 125cc. Berhubung pernah memiliki motor Sport tersebut berikut ini Review Suzuki Thunder 125.

Review Suzuki Thunder 125

Review Suzuki Thunder 125

Hehehe basi yo karena mungkin ga penting juga karena produk ini telah lama tewas mengenaskan dimedan perang yang cukup kejam. Yaps sedikit bernostalgia motor sport dengan tampilan gagah diera 2000an sempat menjadi favorit dan impian para bikers Brad’s. Karena motor tersebut memberi kebanggan tersendiri bagi ridernya saat itu. Nah saat itu Honda Tiger dan Yamaha Scorpio menjadi motor yang sangat didambakan namun karena harganya terbilang cukup mahal. Maka banyak yang harus menahan impian memiliki motor sport yang identik dengan tampilan gagah. Peluang ini akhirnya memberi kesempatan Suzuki untuk meluncurkan motor sport tourer dengan kubikasi 125 dengan harga terjangkau pada masanya.

Review Suzuki Thunder 125

Pada awal kemunculannya sekitar tahun 2004 Thunder hadir menjawab keinginan para biker dengan mengusung desain simpel, everlasting dan lumayan gagah. Desain turunan dari Thunder 250 nampak berpadu manis antara mesin dan desain minimalis dengan tanki besar yang memberi kesan gagah. Dengan sedikit kekurangan motor ini tanpa di lengkapi kick starter. Karena respon pasar cukup baik Suzuki akhirnya memberikan update pada motor ini pada tahun 2006. Dengan menambah kick starter serta warna berdesain stripe baru yang lebih fresh. Pada tahun 2008 kembali mendapat update dengan penambahan undercowl untuk mempermanis tampilan. Kemudian tahun 2011 Suzuki Thunder 125 mendapat perubahan hampir 80% yaitu perubahan pada beberapa bagian seperti blok mesin didesain padat. Kapasitas tanki 15 liter dengan tutup rata, lampu sein, knalpot, lampu belakang serta perubahan pada beberapa jeroan mesin. Namun sayang perjalanan Thunder 125 harus terhenti selamanyapada tahun 2016 karena tak mampu lagi bersaing lagi dengan kompetitor. Baik secara harga, desain dan dapur pacu yang diusungnya, karena kompetitor terus berinovasi dengan produk dengan mesin dan fitur modern.

Kekurangan dan Kelebihanya

Yaps kembali ke Review berdasarkan pengalaman pribadi mas Jeck ya, kebetulan saat itu membeli unit lansiran tahun 2009. Dengan harga yang cukup terjangkau kondisinya masih mulus bin kinclong yang menandakan built quality Suzuki cukup bagus. Baik kualitas cat maupun plastiknya dibanding buatan Honda yang gampang kusam dan prothol. Kilometernya masih diangka 40.000 km dan mesin masih terawat belum ada rembesan oli maupun suara kasar. Inilah yang membuat saya berani memboyong motor tersebut brad’s. Lalu apa saja kekurangan dan kelebihan Suzuki Thunder 125…? Monggo di lanjut.

Review Suzuki Thunder 125

Kekurangan Suzuki Thunder 125

*Kapasitas mesin hanya 125cc

* Power tergolong kecil untuk motor Sport.

* Akselerasi Smooth aka lemot dan ga cocok buat stop n go.

* Top speed kurang untuk melibas jalur luar kota.

* Wis mung iku kekurangane.

Kelebihan Suzuki Thunder 125

* Material cukup bagus dan tebal (tanki & rangka).

*Kualitas body, cat dan finishing jempolan.

* Irit BBM.

* Kapasitas Tanki cukup besar 14 liter jadi jarang mampir POM.

* Ergonomi cukup baik.

* Riding Position nyaman khas motor sport touring cocok untuk perjalanan jauh.

* motor cukup antep, anteng dan stabil terutama saat papasan dengan kendaraan besar ga oleng.

Review Suzuki Thunder 125

Dari Review inj bisa diambil kesimpulan bahwa kekurangannya memang di sektor mesin brad’s. Apalagi kalau bukan masalah power dan akselerasi hehehe… Namun semua bisa dimaklumi karena kembali pada maksud dan tujuan pabrikan Suzuki membuat motor ini. Awalnya karena untuk memberikan produk impian konsumen dengan harga terjangkau atau Sport PaHe (paket hemat). Jadi sudah barang tentu ada yang dikorbankan karena sebenarnya Suzuki telah memiliki cikal bakal mesin modern (FXR150 & Satria 150). Namun saat itu tak di kembangkan karena beberapa faktor dan pertimbangan tersendiri. Yaps apapun itu Suzuki Thunder 125 pernah jaya di Indonesia dan menjadi pilihan biker tanah air. Hal ini tak dipungkiri dengan menjamurnya Club Thunder 125 pada masanya. Oke kapan kapan kita lanjut cerita pengalaman mudik pake Thunder 125 pada artikel berikutnya… Semoga bermanfaat… Salam Cah Nggunung.

By JeckminatoR☠

(Visited 2 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.