Pantai Watu Lumbung Gunungkidul

Pantai Watu Lumbung Gunungkidul, rute dan tiketnya –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Akhir tahun 2022 kemaren kebetulan ada libur walau singkat yang dimanfaatkan untuk mudik walau hanya berdua dengan anak Mbarep. Sedikit membuang kesuntukan akhirnya mlipir pakai Motor untuk Wisata ke Pantai Watu Lumbung Girisubo Gunungkidul yang masih masuk Wilayah Yogyakarta.

Pantai Watu Lumbung Gunungkidul

Yaps… Pantai Watu Lumbung ini terletak di Desa Balong Kecamatan Girisubo Gunungkidul yang masuk dalam Wilayah Cagar Alam Gunung Batur. Posisinya di Wilayah Gunungkidul bagian timur atau dekat dengan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah Brad’s. Pantai ini kurang terkenal dan jarang terdengar atau dibahas oleh kebanyakan wisatawan karena lokasi dan model Pantainya. Kebetulan kemarin mlipir kesana pake Motor sama Mas Ndaru buat sekedar mengobati rasa suntuk, tujuan awalnya adalah Pantai Wedi Ombo. Tapi tiba tiba pengen belok kearah lain saat melihat plang penunjuk arah yang otomatis memancing rasa penasaran saya.

Pantai Watu Lumbung Gunungkidul

Harga tiket dan Rute ke Watu Lumbung

Ya… Sekitar jam 9 pagi start dari Kampung saya dekat Manyaran, akhirnya meluncur ke selatan arah Eromoko. Kemudian mampir Pom bensin buat antri ngisi Pertalite, lanjut kearah Praci lurus keselatan sampai ketemu Jalan Lintas Selatan. Mengikuti JLS sampai ujung Proyek di Girisubo akhirnya belok kekiri sampai ketemu Gerbang Tiket Wisata Pantai Wedi Ombo. Disitu terlihat tulisan Cagar Alam Geopark Gunung Batur, harga tiketnya cukup murah yaitu Rp 10.000 (2 orang 1 motor). Kemudian jalan lurus dengan urutan Pantai Watu Lumbung + Bukit Pengilon, Pantai Nampu, Pantai Wedi Ombo dan mentok Pantai Jungwok. Karena penasaran saya balik arah dan menyusuri jalanan cor yang muat 1 mobil menuju Watu Lumbung dan Bukit Pengilon. Jalanan Cor kombinasi naik turun dan rusak pada beberapa titik, tapi terbayar dengan suasana dan pemandangan persawahan sekitar cukup indah.

Pantai Watu Lumbung Gunungkidul

Pulau kecil di Pantai Gunungkidul

Akhirnya sampai diparkiran Pantai Watu Lumbung dan membayar tiket+parkir Rp 7000 (2 orang 1 motor). Diarea parkir terdapat spot selfie dan plataran luas serta kantin, menuju kepantai harus Tracking lagi sekitar 300 Meter turun kebawah. Jadi langsung ngebayangin gimana nanti rasanya naik kembali ke atas menuju parkiran Brad’s…

Pantai Watu Lumbung Gunungkidul

Sejarah Suzuki Lets Skutik Retro produk gagal

Warna Honda Scoopy 2023 Standar, Smartkey

Warna Honda Vario 160 2022 type CBS dan ABS

Pantai Watu Lumbung Gunungkidul

Keindahan Pantai Gunungkidul

Sampai di pinggir pantai ternyata didominasi oleh bebatuan karang, serta bukit batu yang mengelilingi sepanjang pantai tersebut. Jadi Fix ga bisa buat berenang karena minus pasir ditepianya, tapi ada pulau kecil dengan batu raksasa yang cukup indah. Jadi bisa bermain air dan mengejar ikan kecil, hingga membuat lupa waktu karena terbius suasana serta angin pantai yang membuai. Tak berapa lama penjaga pantai memanggil dan mengisyaratkan segera meninggalkan pulau karena air laut mulai pasang dan ombaknya membesar. Kondisi ini sangat berbahaya karena akses menuju kepantai akan terputus oleh Air pasang serta tersapu Ombak besar. Jadi saya setengah panik berlari sambil menggandeng anak saya sambil mencari jalan disela licinya batu karang menuju kepantai.

Lanjut bablas keparkiran dengan sisa tenaga menaklukan tanjakan, kemudian pesan Mie rebus pake telur + gorengan dan es. Kantin disini transparan karena ada daftar menu dan harga, jadi ga perlu takut untuk jajan, tarifnya pun standar Brad’s. Yowis setelah kenyang dan istirahat akhirnya saya siap2 kembali menuju kerumah dan alhamdullilah selamat sampai tujuan. Yang pasti keindahan Wisata Pantai Watu Lumbung ga bisa diceritakan dalam tulisan sepuitis apapun…

Pantai Watu Lumbung Gunungkidul

Semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By Mas Jeck ☠️

Jalan Lintas Selatan Gunungkidul rute menuju ke Pantai

 

Pantai Watu Lumbung Gunungkidul

Spot selfie di Watulumbung

(Visited 6 times, 1 visits today)