Skutik Honda Rangka eSAF, Ini Daftarnya

Skutik Honda Rangka eSAF, Ini Daftarnya –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Lagi ramai tentang permasalahan yang terjadi pada Rangka atau Sasis yang dipakai pada Motor Matic besutan PT Astra Honda Motor. Berikut ini Daftar Skutik Honda Rangka eSAF yang dikabarkan rawan karat dan bisa patah, lalu apa saja sih motornya?

Skutik Honda Rangka eSAF

Rangka eSAF yang digunakan pada beberapa skutik Honda.

Skutik Honda Rangka eSAF

Rangka atau Sasis eSAF dari Honda kepanjanganya adalah Enhanced Smart Architecture Frame yang diaplikasikan pada beberapa model Skutik besutan AHM. eSAF adalah sasis model baru dengan bahan Lembaran Plat Baja yang di Press dan di Las untuk menyatukanya. Untuk penyatuan beberapa plat Baja pengelasanya juga berbeda yaitu menggunakan laser untuk meminimalisir Deformasi Brad’s. Nah sebelumnya Honda biasa menggunakan Rangka dari bahan Pipa yang dipotong kemudian dilas serta dirancang sesuai peruntukanya. Dari hasil pengembangan tersebut Rangka eSAF memiliki beberapa kelebihan yaitu lebih ringan sehingga membuatnya irit BBM. Kemudian lebih simpel sehingga menambah luas Kapasitas Bagasi dan Kapasitas Tanki BBM juga lebih besar. Rangka eSAF ini pertama dipakai mulai tahun 2019 melalui Honda Genio kemudian disusul Beat LED, Scoopy dan terakhir Vario 160.

Honda Genio Sasis eSAF

Sasis eSAF Berkarat Keropos dan mudah Patah

Nah hampir 4 tahun Rangka eSAF ini dipakai oleh beberapa skutik Honda terutama Genio yang lebih dulu beredar. Dan belakangan ini santer atau viral penampakan maupun video yang menunjukan Rangka eSAF dalam berbagai kondisi. Mulai dari Rangka yang berkarat, Patah dan sasis dalam kondisi perbaikan atau las di sana sini. Yang paling banyak wara wiri di sosmed adalah Honda Genio dan Beat dengan kondisi rangka seperti diatas. Kemudian pihak honda melakukan klarifikasi yang agak kurang nyambung sih, karena bukan langsung ke pokok permasalahanya alias ditanya ini jawabnya itu. Nah… Buat konsumen Honda pasti ketar ketir nih mendengar kabar tersebut, tapi tenang kita akan cek ni Motor apa saja yang menggunakan Rangka eSAF ini.

Skutik Honda Rangka eSAF

Honda Genio dengan Sasis eSAF

Honda Genio 2019 – Sekarang

Yaps… Honda Genio inilah pertama kali yang mengusung Rangka eSAF tepatnya Juni 2019 dan masih beredar sampai sekarang 2023. Jadi yang punya unit ini terutama keluaran pertama bisa sambil di Cek Rangkanya, biar tau kondisinya soalnya ketutup panel Body.

Skutik Honda Rangka eSAF

Honda Beat LED Rangkanya juga eSAF

All New Honda Beat dan Beat Street LED 2020 – Sekarang

Kemudian All New Honda Beat dan Beat Street 2020 juga dijejali Rangka eSAF nih. Yang punya unit ini juga wajib cek kondisi sasisnya, kalau masih bingung ciri cirinya adalah Lampu depanya sudah LED. Atau lebih gampangnya Beat produksi 2020 keatas ya…

Honda Scoopy 2020 Sasisnya sudah eSAF

Honda Scoopy 2020 – Sekarang

Untuk Honda Scoopy yang menggunakan Rangka eSAF ini mulai beredar sejak November 2020 sampai sekarang 2023. Jadi ga ada salahnya kalau sekalian dicek untuk mencegah kejadian yang nggak diinginkan ya. Ciri-ciri Scoopy Rangka eSAF ini Headlampnya bulat, lampu seinya terpisah disampingnya mirip bulan sabit. Begitupun dengan lampu belakangnya juga bulat, sein juga terpisah mirip bulan sabit, penampakanya ada dibawah nih…

Skutik Honda Rangka eSAF

Honda Scoopy 2020 Rangkanya sudah eSAF

Sejarah Yamaha Alfa IIR motor 2 tak Power Scoop

Sejarah Honda Astrea Grand dan semua generasinya

Sejarah Generasi Honda Scoopy di Indonesia

Skutik Honda Rangka eSAF

Honda Vario 160 dengan Sasis eSAF

Honda Vario 160 2022 – sekarang

Nah kalau Honda Vario 160 baru launching pada Februari 2022 dengan sasis eSAF, jadi berita negativ tentang rangkanya belum ada. Ya karena belum genap 2 tahun masa edarnya, tapi kalau untuk berjaga jaga bisa cek rangka juga kalau pas senggang. Kalau ciri-ciri Vario dengan Rangka eSAF ini jelas gampang karena Vario 160 belum pernah mendapat facelift.

Rangka atau Sasis eSAF Honda yang terdeteksi bermasalah dengan karat, keropos serta patah.

Daftar Motor Matic Honda dengan Rangka atau Sasis eSAF

Yaps… Daftar Skutik Honda yang menggunakan Rangka eSAF diatas saya susun supaya memudahkan user untuk melakukan pengecekan Motornya. Ya sekedar untuk berjaga jaga sekaligus merawat sasisnya supaya tak terkena Karat, Keropos atau bahkan Patah… Ngeri kan…

Honda Beat Street LED 2020 dengan Sasis eSAF

Yauwis semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By Mas Jeck☠️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *