Sejarah Yamaha Alfa IIR motor 2 tak Power Scoop

Sejarah Yamaha Alfa IIR motor 2 tak Power Scoop –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Bernostalgia dengan motor jadul memang menarik dan ga pernah habis ceritanya, kali ini ngebahas produk lawas Yamaha Motor Indonesia. Yaitu Sejarah Yamaha Alfa IIR motor bebek 2 tak Power Scoop teknologi pendingin mesin sederhana sebagai gimick.

Sejarah Yamaha Alfa IIR

Brosur Yamaha Alfa II R

Sejarah Yamaha Alfa IIR

Yamaha Alfa pertama kali diluncurkan sekitar tahun 1988 sebagai penerus Yamaha V Series di era mesin Dua Tak. Saat itu menjadi pesaing dari Suzuki RC100 dan Honda Astrea Star serta Astrea Prima yang mengusung mesin 4 Tak. Yamaha Alfa merupakan motor Bebek pertama Yamaha yang menggunakan rangka model pipa dan Body berbahan plastik seperti saat ini. Sehingga lebih ringan, efisien dan memudahkan bongkar pasang dalam proses maintenance maupun perbaikan.Desainya saat itu terlihat cukup modern dengan garis tajam dan body bergaya Boxy yang cukup manis dan dinamis.

Logo Yamaha Alfa II R

Pada bagian dada terdapat emblem timbul Yamaha yang memang menjadi trend semua pabrikan pada zaman itu Brad’s. Fitur yang menjadi cirikhasnya adalah Beeper lampu sein yang berbunyi nit nit bila dinyalakan saat akan berbelok. Juga sistem pendingin Power Scoop yang iconic berfungsi dan bekerja mengalirkan udara untuk mempercepat pendinginan mesin. Knalpotnya sederhana model lurus, Footstep belakang menyatu dengan Swing Arm serta kedua sisi blok bertuliskan Yamaha dan memakai tutup rantai.

Sejarah Yamaha Alfa IIR

Generasi Pertama Yamaha Alfa

Generasi pertama Yamaha Alfa 1988

Pertama meluncur sekitar tahun 1988 bernama Yamaha Alfa dengan simbol dan tulisan Alfa yang minimalis dan sederhana. Bagian sayap berwarna putih, lampu sein kuning sedangkan Blok mesin, Shock breaker, Tromol dan tutup rantai berwarna Silver.

Sejarah Yamaha Alfa IIR

Generasi kedua Yamaha Alfa II

Generasi kedua Yamaha Alfa II

Tak lama berselang versi facelift muncul dengan nama Alfa II, basicnya masih sama hanya simbol Alfa II model emboss. Lampu seinya berganti dengan warna gelap dan masa edarnya berhenti sekitar tahun 1990an. Saya pernah tulis artikelnya yang berjudul “Iklan Jadul Yamaha Alfa II“.

Sejarah Yamaha Alfa IIR

Generasi ketiga Yamaha Alfa II R

Generasi ketiga Yamaha Alfa II R 1990 – 1997

Yaps… Generasi ketiganya adalah Alfa II R dengan cirikhas Blok mesin, Tromol, Tutup Rantai dan sayapnya berwarna hitam. Lampu sein juga masih model gelap, behel belakang pipa dan jok bertuliskan Yamaha, secara garis besar masih sama dengan pendahulunya. Stripingnya mulai mendapat sentuhan atraktif, generasi terakhir adalah tahun 1997 karena digantikan penerusnya yaitu Yamaha Sigma. Sebelumnya pernah saya ulas pada artikel ” Sejarah Yamaha Sigma”

Sejarah Yamaha Alfa IIR

Generasi Yamaha Alfa II Z

Generasi keempat Yamaha Alfa II Z 1995

Yamaha Alfa IIZ meluncur pada tahun 1995 dengan basic yang sama, hanya knalpotnya sudah model racing atau mendongak keatas. Akan tetapi Alfa IIZ ini kurang familiar dan jarang banget liat dijalanan waktu itu, kalaupun ngeliat paling dikira Alfa biasa. Apalagi yang masih awam pasti ga merhatiin model knalpot dan tulisanya hehehe.

Yamaha Champ Generasi Alfa model Ayam Jago

Yamaha Champ 1989

Nah… Tau ga sih kalau Yamaha Alfa ini punya versi Bebek Sportnya yang bernama Yamaha Champ dan brojol sekitaran tahun 1989. Basicnya dari Yamaha Alfa, Body tengah kebelakang sama plek dan bagian depan tanpa sayap dan Shockbreaker khas motor batangan. Rem depan Cakram, Stang telanjang, Speedometer terpisah serta Headlamp modelnya terpisah, Knalpotnya model racing. Kalau sekarang disebutnya Motor Ayam jago dan saat itu menjadi idola kawula muda karena tampilanya pancen ngeten…

Yamaha Alfa II

Warna Suzuki Satria F150 2022 harga dan spesifikasi

Warna Suzuki Bandit 150, harga dan spesifikasinya

Sejarah Suzuki Smash generasi awal sampai terakhir

Banner Iklan Yamaha Alfa IIZ dan Alfa II R

Spesifikasi mesin

Motor Bebek Two Stroke atau 2 Tak ini dibekali dengan mesin berkapasitas 102,1cc dengan Power Max 7,79HP @7000rpm. Torsi Maksimumnya 8,82Nm @6000rpm yang disalurkan melalui Transmisi Kopling Otomatis berpola N-1-2-3-4, berikut ini spesifikasi lengkapnya :

Buku Panduan Yamaha Alfa 2R

Spesifikasi
Mesin : 2 Langkah
Diameter x Langkah (Bore x Stroke) : 50 x 52 mm
Kapasitas Mesin (Volume Silinder): 102,1 cc
Kompresi: Standar 7,0 : 1
Power Maksimum : 7,79 HP @7000rpm
Torsi Maksimum : 8,82 Nm @6000rpm
Karburator: Standar Mikuni VM 16 (Venturi 16mm)
Pilot Jet: standar 17,5
Main Jet: standar 85
Gear Set: 14 – 37 (2,643)
Pola perpindahan Gigi : N-1-2-3-4

KAPASITAS
Kapasitas Tangki : 5 L.
Kapasitas Oli samping : 1.0 L.

DIMENSI
P x L x T : 635 X 1,860 X 1,015 mm
Wheelbase : 1,190 mm
Jarak ke tanah : 135 mm
Tinggi Jok : 740 mm
Berat Kosong : 82 kg
Suspensi Depan : Semi Telescopic
Suspensi Belakang : Dual Shock
Rem Depan : Tromol
Rem Belakang : Tromol
Ban Depan : 2.25-17-4PR
Ban Belakang : 2.50-17-4PR

Yamaha Alfa 2 R

Nah barangkali ada yang punya Nostalgia bareng motor ini ? Atau sekarang malah masih memeliharanya dirumah… Boleh dong share kesan dan pengalamanya dikolom komentar…
Semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By Mas Jeck ☠️

Note : Semua Foto diambil dari Google

(Visited 1,764 times, 4 visits today)

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *