Sejarah Bus Jadi Mulyo Wonogiri, Narasumber Valid

Sejarah Bus Jadi Mulyo Wonogiri

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Masih dari dunia Bus masa lalu, ternyata banyak pembaca yang antusias dan menambahkan pengetahuanya dikolom komentar. Dari Nara sumber Mas Gendon yang memberikan keterangan tentang Sejarah Bus Jadi Mulyo Wonogiri lengkap dengan kepemilikan dan Groupnya.

Sejarah Awal berdirinya PO Jadi Mulyo

Bus asal wonogiri tepatnya wuryantoro ini pertama kali adalah perusahaan yang bergerak pada Angkutan Truk dan dikelola oleh kakak beradik. Mereka lalu membuat angkutan PO Jadi Mulyo sampai pemilik awal meninggal dunia di lanjutkan kepada generasi berikutnya. Karena terjadi perselisihan keluarga akhirnya terpecah menjadi 2 Brad’s, yaitu Almarhum Bp Suyud dengan PO DADI MULYA posisi pool Wuryantoro. Sedangkan PO Jadi Mulyo dipegang Bapak Jacob Hardianto (totok) lalu pindah pool Solo, menggandeng 1 kekuarga untuk penambahan unit Bus. Untuk perwakilan jakarta PO Bus Asli Wonogiri ini memiliki poll di Jl Hajinawi yang di kelola oleh Bapak Danar.

Sejarah Bus Jadi Mulyo

Ilustrasi PO Jadi Mulyo

Jadi-Mulyo dijual lahirlah Terang Jaya

PO Jadi mulyo milik Alm Jacob Hardianto akhirnya dijual ke Bapak Tarmo Giri indah (dengan warna merah). Lalu tahun 1994 baru keluar Terang Jaya yg notabene keluarga yang di ajak bekerja sama dalam penambahan unit Bus. Pelimpahan trayek JM ke PO Terang Jaya sebanyak 6 unit trayek, awal mula Terang Jaya adalah milik bapak Pardede Parangin angin. Awalnya jurusan Klaten-Jakarta, lalu diambil alih Bapak Eddy Rianto berkantor pusat di Tanjung Duren utara Jakarta Barat. Sedangkan pool Jakarta Timur berlokasi di jalan permata cawang.
PO Terang Jaya melayani Rute Jakarta Manyaran karena Bapak Eddy Rianto merupakan Putra daerah Manyaran . Walaupun Ayahnnya Pak Eddy asli eromoko, tapi Hijrah besar serta Jaya bersama Alm Eyang Wignyo Hardjono di Manyaran.

Kecelakaan hebat tahun 2001 di Ciasem Subang Jawa Barat ttitik awal meredup nya PO Terang Jaya. Pada tahun 2010 Bus ini berhenti melayani angkutan AKAP Jurusan Jakarta Solo Purwantoro Manyaran Watu Kelir. Mulai tahun 2010 hingga sekarang masih eksis untuk angkutan karyawan daerah cikarang, jababeka, dan tangerang.
Jika lewat daerah Industri masih melihat beberapa Unit Terang Jaya, tetapi sudah tidak memakai nama lambung. Tapi tetap pakai Logo GTTJ (Gemari Tandur Terang Jaya.)
Trayek AKAP Bus ini dibiarkan mati hingga di Bekukan oleh Dirjen Hubungan Darat.

Warna Kawasaki W175 TR dan W175 Cafe

Harga Yamaha Jupiter Z1, warna dan Spesifikasinya

Pilihan Warna Beat Street 2021 dan harganya

 

PO Selokaton JM Group pic by Busnesia

Tabir sejarah yang terungkap

Sampai Sekarang Pemilik PO Terang Jaya masih Bapak Eddy Rianto dan beliau masih dalam keadaan sehat walafiat. Meskipun sekarang dalam masa pandemi Covid 19 ini, demikian info tambahanya mas. Jadi Mulyo, Dadi Mulya, Terang Jaya, Serba Mulya, Jaya Guna serta Selokaton dan Jelita merupakan masih sodara se mbah Potro wijoyo asli Eromoko. Salam sehat kangem keluarga Di manyaran semua sedulur By Mas Gendon.

Yaps… Pada akhirnya rasa penasaran saya terungkap sudah tentang silsilah asal-usul dan sejarahnya yang dijabarkan oleh pembaca Blog ini. Sayang sekali nama Aslinya Mas Gendon tidak diketahui, terimakasih banget sudah sudi mampir dan memberikan informasi valid tentang Bus ini. Akhirnya tabir dan sejarah terungkap dan saya bisa tidur nyenyak hehehe… Suwun Mas Gendon siapapun anda dan dimana tempat tinggalnya saya berharap kapan-kapan bisa duduk ngopi bareng…
Semoga Bermanfaat…
Salam Fight and Ride..
By JeckminatoR☠️

5 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *