Suzuki Satria F115 Youngstar dan sejarahnya

Suzuki Satria F115 Youngstar dan sejarahnya –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… PT Suzuki Indonesia pernah memasarkan Motor Ayam Jago atau Bebek Sport berkapasitas kecil dari basic Suzuki Shooter 115 . Namanya Suzuki Satria F115 Youngstar yang berumur pendek dan terlalu cepat Discontinue karena gagal penjualanya dipasaran.

Suzuki Satria F115 Youngstar

Iklan Suzuki Satria F115 Young Star

Suzuki Satria F115 Youngstar

Yaps… Suzuki Satria F115 Young star merupakan Motor Bebek Sport atau biasa disebut Ayam Jago dengan kubikasi kecil. Mesinya selonjoran pure bebek karena dibangun dari basic Suzuki Shooter 115, bagian depanya dirubah dan tengah kebelakang tetap sama. Kehadiran motor ini awalnya untuk menemani Satria F150 dipasaran untuk menjangkau konsumen pemula atau menginginkan Satria versi murah.

Suzuki Satria F115 Youngstar

Suzuki Shooter 115 FI sebagai basic Satria F 115 Young Star

Desain bagian depan dengan Headlamp sporty menyatu dengan lampu sein, Speedometer dalam batok terpisah dari body. Dibekali stang jepit serta Shock depan panjang khas motor Sport, Front fender depan menyatu pada tabung Shockbreaker bawah. Sedangkan body tengah tanpa sayap model half tapi dibekali dengan undercowl yang menyatu dengan body tengah untuk menambah kesan sporty. Untuk bagian tengah kebelakang sama plek dengan Shooter baik dari cakram depan, knalpot, Velg, Footstep belakang dan semuanya deh.

Produk gagal dari Suzuki

Satria Youngstar meluncur pada Mei 2015 dengan harga Rp 16.500.000,- untuk warna Celbration Red dan Titan Black. Sedangkan Satria F115 Young Star Livery Suzuki MotoGP harganya Rp 16.800.000,-, dan sayangnya tidak laku dipasaran Brad’s. Hingga akhirnya Discontinue pada 2016, ya umurnya tergolong singkat hanya sekitar satu tahun saja. Salah satu faktornya adalah harganya terlalu tinggi, sedangkan produknya minimalis banget seperti tanpa kopling, cakram tunggal dan Shock belakang ganda. Bahkan penjualanya kalah dibanding Kawasaki Athlete 125 sebagai kompetitor terdekatnya dan lebih banyak bertemu dijalanan.

Suzuki Satria F115 Youngstar

Suzuki Satria F115 Young Star warna Merah

Suzuki Satria F115 Youngstar

Satria F115 Young Star warna Hitam

 

Suzuki Satria F115 Youngstar

Suzuki Satria F115 Young Star Warna Biru Livery MotoGP

Honda Beat Ban Scoopy Donat tapak lebar

Nostalgia Yamaha Champ, Ayam Jago 2 tak

Sejarah Suzuki Bravo RC100, biasa dikenal Jet Cooled

Spesifikasi mesin

Motor ayam jago ini dibekali mesin 4 langkah 1 silinder SOHC 2 valve berkapasitas 115(113)cc sistem injeksi berpendingin udara. Dengan teknologi Low Friction, Roller Rocker Arm serta Electronic Control Module (ECM) dan Rasio Kompresi 9.4:1, bore X Stroke 51.0×55.4mm. Memiliki Power Max 9.2PS dan Torsi Max 9.1Nm yang disalurkan melalui transmisi semi otomatis 4 percepatan N-1-2-3-4-N.

Suzuki Shooter FI satu Platform dengan Satria F115 Youngstar

Velg Racing rem depan cakram belakang tromol, shockbreaker belakang model ganda serta Speedometer Analog dengan informasi lengkap. Kapasitas Tanki BBM 3,7 liter dan bagasi 8 liter dengan kick starter dan electrik.

Sasaran penjualan adalah anak muda, namun sayang dari segi performa fitur dan harga jelas kurang Value to Money. Apalagi dibanding sang kakak Satria F150 dengan selisih harga tak terlalu jauh tapi mendapat produk yang lebih baik secara overall. Dengan alasan tersebut Suzuki Satria F115 Youngstar berumur pendek dengan masa edar sangat singkat sekitar 1 tahun saja Brad’s.

Logo Suzuki Satria F115 Young Star 2015 – 2016

Meskipun begitu motor ini malah menjadi langka dan barang unik, karena jarang ditemukan dijalanan serta pasaran motor bekas. Masih adakah yang memelihara motor ini sekarang ? Satu kata deh… Keren…
Semiga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By Mas Jeck ☠️

 

(Visited 172 times, 1 visits today)

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *