Sejarah Yamaha Vega R, Motorku yang ke 6

Sejarah Yamaha Vega R, Motorku yang ke 6 –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Kembali menyambung artikel Nostalgia tentang Motor yang pernah saya pakai untuk harian, yaitu buatan dari PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. Berikut ini Sejarah Yamaha Vega R motorku yang ke 6.

Sejarah Yamaha Vega R

Brosur Yamaha Vega R

Sejarah Yamaha Vega R

Seperti biasa nih Flashback dulu ya tentang si Vega ini yang termasuk motor Bebek legend Yamaha yang memiliki 7 Generasi. Mulai tahun 1999 sampai sekarang yaitu Yamaha Vega, Vega R, Vega R 110, Vega ZR, Vega RR dan Vega Force. Generasi pertama Vega merupakan penerus sekaligus pengganti Yamaha Crypton dengan basic mesin sama serta memakai baju F1ZR. Body ramping nan sporty handling lincah dan ringan, irit BBM serta mesin bandel banget. Desainya mudah dimodif berbagai macam aliran serta mesinya juga gampang dioprek, pokoknya khas anak muda banget dah.

Yamaha Vega Generasi Pertama

Generasi bernama Vega ini mengaspal mulai tahun 1999 sampai tahun 2003 karena digantikan generasi terbarunya yang diberi nama Vega R. Tak ada perubahan mesin maupun desain, permainan warna dan desain stripe membuat Vega R lebih tampil fresh dan manis. Vega R beredar mulai tahun 2003 sampai 2006 dan cukup sukses dipasaran bersaing dengan Supra Fit dan Suzuki Smash. Seperti biasa motor ini digantikan dengan generasi terbaru dengan ubahan total desain dan mesin 110cc milik Jupiter Z. Nah kita bahasnya sampai sini dah, soalnya motor saya vega generasi kedua… Tar kepanjangan dah nulisnya…

Sejarah Yamaha Vega R

Yamaha Vega R atau generasi kedua Vega

Motorku yang ke 6

Motor Bebek dari Yamaha ini sebagai pengganti Kawasaki Kaze R yang saya lepas pada 2009 karena beberapa alasan. Sudah saya tulis pada artikel kemarin yaitu “Sejarah Kawasaki Kaze R” beserta reviewnya. Pertimbanganya sih simpel yaitu bosen dengan Kaze dan ingin mengganti motor yang bandel irit sparepart murah melimpah yang harganya terjangkau. Akhirnya pilihan mengerucut pada Vega R dengan beberapa pertimbangan, selain itu saya juga sudah familiar karena sebelumnya memiliki Yamaha Crypton. Saat itu dapet unit warna favorit saya yaitu Merah Putih tahun 2005 dengan harga Rp 4.500.000,-, nombok 1,5 juta. Karena Kaze R saya yang mati Pajek hanya laku 3 jutaan saja, emang pasaran mokas Kawasaki jeblok sih.

Sejarah Yamaha Vega R

Vega R tahun 2005 Stripingnya sama dengan punya saya (by google)

Kekurangan Vega R dan kelebihanya

Kesimpulan ini berdasarkan pengalaman serta feel yang saya rasakan selama memakai motor ini untuk kastivitas harian dalam bekerja. Kelebihanya adalah mesin bandel, irit pol no debat, ringan dan lincah, akselerasi ngacir serta Sparepart murah nan melimpah. Desainya cakep sporty ramping mininalis tapi manis serta harga jual kembali tetep manteng serta rem depan sudah Cakram. Sedangkan kekuranganya pada dimensinya yang mungil membuatnya kurang stabil untuk kecepatan tinggi, top speednya kurang serta belum pakai velg CW. Ground Clearence pendek jadi ngga PD buat nerjang banjir karena sering mati dan gasruk polisi tidur kalau buat boncengan. Selebihnya mah oke-oke aja dan tergolong puas sih selama menggunakan motor ini.

Hanya tersisa 1 foto Vega R sama mas Ndaru Kecil resolusi VGA

Sejarah Kawasaki Kaze R motorku yang ke 5

PO Giri Indah Wonogiri Jakarta yang tinggal kenangan

Air Terjun Banyunibo Manyaran, Wisata Wonogiri

Ditukar Honda Blade 110 R baru

Motor Vega R ini dibekali mesin 4 langkah 1 silinder SOHC berkapasitas 101,8cc. Memiliki Power Max 8.3PS @8.000rpm serta Torsi Max 0.8kgf.m @6.500rpm yang disalurkan melalui transmisi semi otomatis 4 percepatan N-1-2-3-4. Sebenernya saat itu masih sayang banget ama motor ini, setelah bersama hampir 2-tahun mulai 2009 saya melepasnya pada akhir 2010. Berhubung dulu ga kefikiran buat Dokumentasiin foto motor ini jadi banyak ngambil dari Googel aja Brad’s, eh fotonya cuma ada satu.

Brosur Spesifikasi Vega R

Sempet nyesel juga sih karena dijual tanpa ada kebutuhan hehehe, duitnya amblasss gitu aja, tau sendiri kan kalau pegang Cash. Sebagai gantinya saya beli Honda Blade 110R baru untuk operasional kerja, tentu ada alasan tersendiri memilih motor bebek Honda ini. Nanti deh kita share lagi dalam artikel selanjutnya… Kira-kira masih ada yang miara Vega R ini gak ya…? Tentu special banget dah, apalagu kalau masih orisinil atau standaran… Udah pasti josss lah…
Semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By JeckminatoR☠️

Sejarah Yamaha Vega R

Vector Bekakas Yamaha Vega

(Visited 89 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.