Kategori
BERITA INTERMEZZO Motor YAMAHA

Sejarah Yamaha Jupiter MX, motorku ke 14

Sejarah Yamaha Jupiter MX, motorku ke 14 –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… saatnya menulis History Otomotif nih yaitu Sejarah Yamaha Jupiter MX 135, karena pernah menjadi motorku yang ke 14. Sekaligus alasanya kenapa saya pilih motor Yamaha untuk Dayli use atau mesin tempur di jalanan jakarta nih.

Sejarah Yamaha Jupiter MX
Brand Ambasador Jupiter MX Valentino Rossi

Sejarah Yamaha Jupiter MX

Motor Bebek Sport 4 tak bermesin tegak dengan desain Sporty dan mesin Modern ini Brojol pada sekitar tahun 2005. Langsung menggebrak dan laris manis dipasaran dengan segala kelebihanya yang tak dimiliki oleh Kompetitor saat itu Brad’s. Generasi pertama hadir dengan desain Sporty modern dengan garis tajam serta body besar dengan sayap 3 dimensi. Shock belakang mono, sein depan di sayap serta spakbor depan model sport posisinya menempel dengan tabung Shock depan. Dibekali mesin 4 langkah tegak 4 klep Karburator berpendingin cairan memiliki Power Max 8.45kW/11.33HP @8.500rpm serta Torsi Max 11.65Nm @5.500rpm. Motor dengan bobot 104kg, tersedia dalam tipe jari-jari dan Castwheel, rem depan Cakram dan belakang tromol. Beredar mulai tahun 2005 sampai 2010 dalam tipe Kopling manual dan otomatis 4 percepatan kemudian regenerasi digantikan dengan model baru.

Sejarah Yamaha Jupiter MX
Jupiter MX generasi pertama Velg Racing

 

Sejarah Yamaha Jupiter MX
Jupiter MX Generasi Pertama Velg Jari jari

New Yamaha Jupiter MX generasi kedua hadir pada tahun 2010 sampai 2015 dengan perubahan total pada tampilan dan performanya. Desain makim modern dan meruncing, sein menyipit ala mata elang posisi ditebeng, sayap 3 dimensi dual layer dengan undercowl. Ukuran Velg lebar dan knalpot model baru, motornya gagah kekar dan terlihat besar, pokoknya keren banget deh. Dibekali mesin yang sama namun memiliki Power Max 9.21kW @8.500rpm serta Torsi Max 12.14Nm @6.000rpm disalurkan melalui transmisi baru 5 percepatan. Varian non kopling sistem Rotary N-1-2-3-4-5-N rem depan saja yang cakram sedangkan Varian Kopling sistemnya 1-N-2-3-4-5 dengan rem Double Disc. Bobotnya lumayan yaitu 109kg dan beredar dari tahun 2010 sampai 2015, kini digantikan MX King dengan mesin 150cc.

Sejarah Yamaha Jupiter MX
Jupiter MX 135 Generasi kedua warna Saphire Blue

Motorku yang ke 14

Ya… New Jupiter MX 135 ini adalah motor saya yang ke 14 semenjak bisa membeli motor sendiri pertama kali tahun 2002. MX-Trail ini lansiran tahun 2013 yang saya beli sekitar Februari 2020 silam sebagai motor tempur untuk harian dalam bekerja. Awalnya kepincut dengan desainya yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata, dan juga penasaran dengan performanya. Kebetulan dapet Jupiter MX warna Shapire Blue atau Putih Biru Hitam perpaduanya dengan desain stripe yang gahar menurut saya. Sampai akhirnya saya melepasnya pada Juli 2021 karena alasan tersediri Brad’s, intinya efisiensi dah. Selain itu saya juga bingung karena termasuk orang yang cepet bosen sama motor, makanya jarang beli baru nih. Kalau beli Second jualnya ga terlalu rugi-rugi seandainya mau upgrade gitu, seperti MX ini hanya sekitar satu tahun bersama saya.

Bisskey TVOne Live World Boxing terbaru

Sedya Mulya Keberangkatan Malam Jakarta Wonogiri

Harga Supra X 125 Injeksi dan pilihan warnanya

Jupiter MX ku warna Saphire Blue

Motor Bebek bermesin tegak ketigaku

Motor MX ini adalah Motor Bebek Super bermesin tegak ketiga saya setelah sempat miara Suzuki Satria 120R dan Honda CS1. Jadi menambah perbendaharaan dan pengalaman bersama motor Bebek Sport dengan kopling manual serta memiliki karakter yang sangat berbeda Brad’s. MX ini penjualanya berjaya pada generasi pertama yang identik dengan Komeng dan Valentino Rossi, pas Yamaha juga berjaya di MotoGP.

Yamaha MX Lawas

Dan sangat fenomenal karena teknologi, desain dan kelas yang diusung tak dimiliki oleh kompetitor baik Honda maupun Suzuki. Pokoknya saat itu MX motor tercanggih, performa gahar dikelasnya dan desainya anak muda banget saat motor bebek masih jadi favorit. Selain itu sparepart juga melimpah dan sangat mudah dimodifikasi berbagai macam aliran serta bermacam Assesorisnya buanyak dan ngabyek dipasaran. Tapi sayang untuk harga second saat ini mulai anjlok terutama MX Generasi pertama, untuk Generasi kedua masih okelah… Ga parah parah amat harga jualnya… Barangkali ada yang masih miara Jupiter MX 135 ini…? Saya kira masih banyak deng… Jangan lupa ya rawat baik-baik motor anda deh dan jangan disia-siakan…

Sejarah Yamaha Jupiter MX
Yamaha New Jupiter MX135

Semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By JeckminatoR☠️

(Visited 4 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.