Kategori
BERITA HONDA Motor

Sejarah Honda Megapro 1600 Hiu dan Primus

Sejarah Honda Megapro 1600 Hiu dan Primus –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Kembali nulis artikel tentang sejarah motor Honda , buat nambah pengetahuan dan kebetulan pernah memeliharanya. Sejarah Honda Megapro Hiu dan Primus akan kita bahas dalam sesi pertama, besuk dilanjut artikel generasi penerus sampai akhir hayatnya.

Sejarah Honda Megapro

Yaps Megapro pertama meluncur pada tahun 1998 pasca Krisis Moneter sebagai pilihan Sport murah dibawah Honda Tiger 2000. Namanya yang hampir mirip simpatisan Partai politik saat itu yaitu PDI Promega membuat spekulasi sempat beredar hehehe. Sebagai penerus GL Pro desainya benar benar baru dan berubah total meninggalkan shape mengkotak dan datar berganti serba membulat. Terlihat modern, gagah serta memiliki dimensi lebih kekar menjadikanya pilihan kedua setelah Honda Tiger Brad’s. Generasi Honda Megapro sendiri ada 4 yang beredar Mulai tahun 1998 sampai 2019 akibat Discontinue.

Sejarah Honda Megapro
Megapro Hiu / Generasi pertama

Megapro Hiu Generasi Pertama

Dibekali mesin generasi GL Series Neotech 4 langkah OHC berkapasitas 156,7 (160) cc tapi tertulis 1600 Brad’s. Memiliki Power Max 13,3 Hp @8.500rpm serta Torsi Max 1,3kgf.m @6.500rpm yang disalurkan melalui Transmisi manual 5 percepatan 1-N-2-3-4-5. Mesinya Overbore dengan Diameter x Langkah Piston 63,5mm X 49,7mm, kapasitas Tanki BBM 12,4L + 2,3L Rest dan bobot 114Kg. Desainya lumayan ganteng saat itu dengan Headlamp bulat, cover body tengah dan belakang terpisah sehingga dudukan shockbreaker belakang terlihat. Masih memakai Velg Jari-jari berdiameter 18 Inch serta rem depan cakram dan belakang Tromol, masih memakai Dual Shockbreaker belakang. Lampu belakang agak kotak dengan buntut moncong mirip congor ikan Hiu yang membuatnya dijuluki Megapro Hiu. Pada tahun 2004 mendapat Refresh dengan Striping kekinian serta pilihan Velg Cast Wheel atau palang. Masa edarnya mulai tahun 1998 sampai tahun 2006 karena berganti ke model all new dengan perubahan desain total.

Sejarah Honda Megapro
Megapro Primus

Megapro Primus

Pada tahun 2006 New Megapro resmi meluncur dengan sepsifikasi mesin sama namun mendapat ubahan total pada tampilan. Perubahan menyentuh sektor desain tanki jadi lebih kecil, body tengah dan belakang menyatu dan lampu belakang lebar model baru. Model ini terlihat lebih ndangak atau bagian depan lebih tinggi, Knalpot model baru bukan Stainless dudukan Footstep belakang berbahan cor. Kapasitas Tanki BBM menyusut jadi 13,2L serta bobot tipe Spoke 126Kg dan CW 127kg Velg masih memakai Ring 18. Dengan Tagline Motornya Lelaki dan menggandeng Primus Yustisio sebagai Brand Ambasador membuat motor ini dikenal sebagai Megapro Primus. Masa edarnya hanya 4 tahun mulai 2006 sampai 2010 dengan hadirnya Honda New Megapro yang mengusung ubahan total.

Bebek Adventure ADV 125 dari Lifan, keren abis

Harga Yamaha MT25 2021 dan warna terbaru

Sedya Mulya Keberangkatan Malam Jakarta Wonogiri

Sejarah Honda Megapro 1600

Yaps artikelnya besuk bersambung ke Part 2 ya Brad’s, pegel juga nulisnya hehehe mata juga lagi sepet banget. Karena masih ada 2 generasi Megapro lagi dengan perubahan toral yang belum kita ulas. Tapi tau nggak nih ? Kalau Megapro Primus termasuk paling laris dibanding generasi lainya walaupun mesin dan desain masih tradisional. Tapi entah kenapa Mas Jeck kurang menyukai generasi ini, lebih karena desainya yang bikin kurang sreg (selera masing-masing). Yaps semoga bermanfaat… Salam Fight and Ride…

By JeckminatoR☠️

(Visited 103 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.