PO Nusantara Double Decker, Sasis MAN R37

PO Nusantara Double Decker, pake Sasis MAN R37 –

Fightomotive.com // Haill Busmaniac… Sedikit nyolek dunia Bus Indonesia yang memang penuh warna dengan segala persaingan diera Tol Transjawa ini. Karena penasaran dengan PO Nusantara Double Decker dengan Sasis MAN R37 yang notabene buatan Jerman, akhirnya nulis artikel ini.

PO Nusantara Double Decker

Bus Nusantara Doublel Deck pict Nugroho aji

PO Nusantara Double Decker

Yaps… Pagi itu seperti biasa dalam beraktifitas sebagai Pilot Ekspatriat saya memulai perjalanan dari Sudirman Jakarta menuju Kawasan Industri Jababeka 1. Rute yang saya lalui Masuk Tol Semanggi Dalam Kota lanjut Jakarta Cikampek dan Exit di GT Cikarang Barat. Setiap perjalanan pagi sekitar Pukul 07:30 sering banget barengan Bus Akap terutama angkatan pagi yang membuat senang hati setiap melihatnya. Kadang ada yang menarik perhatian dan membuat saya melambatkan laju Mobil hanya untuk mengamati secara detail Bus karena tertarik.

Memasuki area Tol Bekasi Barat yang agak tersendat dari sisi belakang terlihat sosok Bus Double Decker dengan warna dasar Merah. Dibagian depan terlihat emblem MAN yang cukup besar dan jujur ini kali pertama melihatnya terbalut Body Bus. Lalu kubiarkan melewati saya supaya bisa mengidentifikasi Bus tersebut hingga leluasa memandangi badan dan Bokong si Double Decker. Ya ternyata dia adalah PO Nusantara dengan perpaduan warna Merah Kuning serta Siluet Burung Garuda pada bagian belakang. Bus tersebut merupakan edisi 50 tahun Pelari Transjawa dengan Trayek Kudus Semarang Bogor atau sebaliknya, wah keren ya. Sayang ga bisa ambil fotonya karena lagi bawa Mobil juga, jadi foto ambil acak di Sosmed dengan sumber saya sertakan.

Bus Tingkat Transjawa Nusantara sasis MAN R37

Sasis MAN R37

PO Nusantara Double Decker ini mengusung Sasis MAN R37 Triple Axle atau 3 sumbu roda dengan Panjang 13 Meter. Dilengkapi Air Suspensiun dengan 6 balon udara 2 untuk depan dan 4 belakang, harga Sasis + Mesin sekitar 2 Milliar. Mampu membawa beban Maksimal sampai dengan 25 Ton, serta bisa dibangun menjadi Maxi Bus maupun Bis Tingkat atau Double Decker. Fiturnya cukup canggih seperti Exhaust Valve Brake, Electronic Braking System, ABS, Traction Control, Electronic Stability Program dan Power Steering.

Dari segi Mesin yang diusung adalah Mesin Diesel Commonrail 6 Silinder Segaris berkapasitas 12.419cc berkode D2676 LOH10 Euro III. Memiliki Power Max sampai 460 HP atau terbesar dikelasnya Triple Axle (Mercedez Ben OC500RF 2542 & Scania K3410IB). Oh iya… Roda bagian belakang juga bisa berbelok mengikuti arah roda depan Brad’s.

Warna Yamaha XMax 2023 dan harganya

Nostalgia PO Terang Jaya, sang Sapu jagat Wonogiri

Nostalgia PO Purwo Widodo , Livery mawar favoritku

Body Bus Buatan Nusantara Gemilang

Yaps… Produk Jerman dengan Image Lux ini dibalut dengan Body yang cukup langka dan Ekslusif yaitu ” Maxi Miracle Conqueror”. Yang dibuat oleh Karoseri Nusantara Gemilang hasil kerjasama Perusahaan Malaysia dan Indonesia, yang utamanya membuat Body Bus untuk PO Sendiri. Dan juga menerima pesanan Body untuk PO lain walaupun ga sepopuler karya Karoseri Adiputro dan Laksana. Sebagai tambahan informasi PT Nusantara Gemilang sendiri merupakan pemegang Lisensi Body Bus untuk MAN Indonesia… Wah mantab kan…
Jadi MAN ini bukan sejajar dengan SMA maupun STM Brad’s hehehe…
Ya… Cukup dulu tulisanya, lain kali disambung lagi ya…
Salam Fight And Ride…
By Mas Jeck ☠️

(Visited 9 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *