Kategori
BERITA Motor

Perbedaan ABS 1 dan 2 Chanel serta cara kerjanya

Perbedaan ABS 1 dan 2 Chanel serta cara kerjanya –

Fightomotive-Blog //Haill Brad’s… Ngomongin fitur keselamatan dengan system pengereman ABS (Anti-lock Baraking System) baru-baru ini memang sedang ngetrend diIndonesia. Nah kita coba kenalan dulu yuk dengan jenis dan perbedaan ABS 1 dan 2 Chanel serta cara kerjanya.

Perbedaan ABS 1 dan 2 Chanel

Untuk sebagian orang tentu sudah tak asing lagi dengan fitur ABS ini mulai dari Jenis dan cara kerjanya brad’s. tapi ga ada salahnya ya kita berbagi pengetahuan biar menambah ilmu juga hehehe. System pengereman ABS merupakan fitur keselamatan aktif yang berfungsi mencegah rem terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Pengereman mendadak bisa menyebabkan motor tergelincir yang mengakibatkan kecelakaan. Dengan ABS pengendara masih memiliki kontrol pada sepeda motor sehingga bisa menghindari objek yang ada di depan.

Fitur keselamatan ini diharapkan bisa menekan angka kecelakaan, memang banyak kejadian kecelakaan dijalan raya saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Sehingga rem benar-benar terkunci yang menyebabkan ban tergelincir terutama di jalanan yang licin brad’s. Nah gimana cukup jelas kan fungsi dari fitur Rem ABS ini…? Yuk sekarang kita lanjut kenalan dengan Rem ABS pada sepeda motor.

Perbedaan ABS 1 dan 2 Chanel
Modul ABS Bosch

Jenis Rem ABS

Seiring perkembangan zaman dan teknologi Rem ABS terus berkembang, seperti yang diaplikasikan pada motor-motor di Indonesia. Jenisnya yaitu ABS Satu Channel dan Dua Channel, keduanya memiliki fungsi, cara kerja dan performa yang sama dalam pengereman. Perbedaanya terletak pada peruntukanya yaitu: ABS 1 chanel disematkan pada motor yang menggunakan rem Cakram 1 unit saja atau biasanya rem depan. Rem ABS 2 Channel disematkan pada motor yang menggunakan sistem rem cakram lebih dari satu yaitu pada rem depan dan belakang. Tapi tak semua motor Diouble Disc memakai ABS 2 Chanel lho ya…

Perbedaan ABS 1 dan 2 Chanel

Perbedaan ABS 1 dan 2 Chanel

Rem ABS Dua Channel ini memiliki cara kerja dengan penempatan Sensor ABS pada rem cakram roda depan dan belakang. Ketika di lakukan pengereman sensor akan mengirim informasi ke Modul yang telah di sematkan pada motor. Kemudian modul akan meneruskan informasi dari sensor tersebut ke pompa rem. Secara otomatis akan bekerja dengan memberikan tekanan yang cukup untuk di setiap rem depan maupun belakang brad’s.

Gunung Kotak Manyaran Wonogiri, Instagramable banget

Pasang ABS Freego pada Mio, ora iso Coy

Wah… mancaaap nih… kendati begitu penyematan system pengereman ABS ini memakan biaya yang tak sedikit. Sehingga pabrikan hanya mengaplikasikanya pada kasta tertinggi di tiap varian. Itupun dengan selisih harga yang cukup lumayan sehingga para konsumen bisa memilih type motor sesuai dengan kebutuhan serta budgetnya brad’s. Jadi strategy pabrikan ini adalah memberikan opsi fitur, harga dan kebutuhan dan membiarkan pasar atau konsumen yang memilihnya. Yaps sekedar berbagi info semoga bermanfaat… Salam cah Nggunung…

By JeckminatoR☠

(Visited 1 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.