Kategori
BERITA INTERMEZZO Motor

Melewati turunan dengan Motor Matic, simak tipsnya

Melewati turunan dengan Motor Matic, simak tipsnya –

Fightomotive Blog // Haill Brad’s… Motor matic aka Skuter matik saat ini merupakan jenis kendaraan roda dua yang pertumbuhanya cukup pesat. Walaupun begitu di butuhkan teknik dan pengalaman untuk kondisi tertentu seperti cara melewati turunan dengan motor matic.

Melewati turunan dengan Motor Matic

Sepertinya sebuah hal yang sepele ya brad’s tapi ternyata tak semua orang bisa melakukanya dengan baik. Terlepas dari skill individu serta pengalaman tentu untuk pemula perlu sedikit memahami tekhnik ini agar lebih aman dan meminimalisir kecelakaan. Saat ini populasi motor matic sangat masive dan terus bertumbuh serta menyebar dari perkotaan sampai pedesaan. Bahkan sebagian masih ada yang hanya bermodal ngegas saja tanpa mengetahui karakternya yang berbeda dengan kopling manual dan semi otomatis. Nah bagi yang tinggal dipedesaan maupun pegunungan seperti saya bisa simak tips berikut ini. Supaya tetap aman melewati jalur turunan saat mengendarai motor matic.

Melewati turunan dengan Motor Matic

Tekhnik mengerem di turunan

1. Posisi gas jangan sampai kosong.
Saat melewati turunan jangan mengosongkan gas karena motor ini menggunakan sistem persneling otomatis, pertahankan sedikit gas tipis untuk mencegah motor melaju tak terkendali akibat handel gas benar-benar kosong.

2. Siapkan 4 jari pada handle rem dalam posisi siaga untuk mengatur laju motor dan kondisi darurat jika harus melakukan pengereman mendadak. Sedangkan tingkat pengereman sesuaikan dengan kondisi jalan.

3. Utamakan menggunakan rem depan dibanding rem belakang atau menekan handle rem depan lebih keras dari pada rem belakang, karena rem depan lebih berperan untuk menahan daya dorong motor kedepan yang lebih besar saat melewati turunan. Sedangkan rem belakang gunakan sebagai penyeimbang saja brad’s.

4. Seimbangkan rem depan dan belakang sesuai kondisi saat melewati turunan terutama dengan tikungan tajam dan berkerikil, karena kondisi seperti itu sangat berbahaya jika terfokus menggunakan rem depan yang bisa menyebabkan roda depan tergelincir yang mengakibatkan motor dan pengendaranya terjatuh.

5. Jangan melepas handle rem motor sebelum selesai melewati jalan menurun karena bila salah prediksi motor bisa meluncur lebih cepat dan sulit di kendalikan yang bisa berakibat menabrak objek lain di depan.

6. Gunakan kaki sebagai penyeimbang, terutama saat jalan menurun dalam keadaan padat atau macet.

https://lintangcruisers.wordpress.com/2018/09/06/suzuki-shogun-125-ini-awet-banget-shogun-di-lawan/

Nostalgia Yamaha Champ pesaing Suzuki RC Sprinter yang bikin ganteng

Pilih Honda Beat atau Vario 110, nah berikut perbandingannya

Berkendara sendirian malam hari, mantabkan hati dan fikiran

Melewati turunan dengan Motor Matic

Memang butuh trik tersendiri demi keselamatan berkendara meskipun terlihat sepele, apalagi kita tak bisa menggunakan engine break pada motor Skuter matic. Yaps semoga infonya bermanfaat…
Salam Cah Nggunung…

By JeckminatoR☠

(Visited 24 times, 1 visits today)

0 tanggapan untuk “Melewati turunan dengan Motor Matic, simak tipsnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.