Konsumsi BBM Avanza Matic, irit apa boros ya

Konsumsi BBM Avanza Matic, irit apa boros ya –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Kali ini mau share artikel Konsumsi BBM Avanza Matic untuk pemakaian harian dalam kota khususnya Jabodetabek ya. Mobil Low MPV besutan PT Toyota Astra Motor yang dikenal sebagai Mobil sejuta umat ini termasuk irit apa boros ya ?.

 

Toyota Avanza 1.3G Matic warna Putih

Konsumsi BBM Avanza Matic

Sebagai mobil operasional pas hari kerja digunakan untuk membelah kemacetan dari Jakarta menuju Cikarang dengan kondisi jalan yang tak menentu. Kadang macet parah sampe stag, kadang merayap dan ada kalanya ngeplong sehingga bisa losss bejek gas mobil tak berkopling ini. Perpaduanya komplit deh jadi jika diambil rata-rata antara perjalanan saat macet dan lancar imbang deh 50:50, cuma gaya berkendaranya saja yang beda. Kadang butuh akselerasi cepat dan sesekali bermain di kecepatan tinggi, tapi lihat situasi dan kondisi tentunya.

Konsumsi BBM Avanza Matic

Konsumsi Rata rata BBM Matic Avanza

Avanza boros atau irit

Nah ini pertanyaan yang udeh biasa kita denger ya, dan nampaknya ga perlu diperdebatkan hehehe… Kebetulan yang Mas Jeck pakai adalah All New Toyota Avanza 1.3 type G atau yang lampunya sudah LED. Pas masih baru-barunya berasa cukup irit karena kaki sangat santuy dalam menginjak pedal gas dan menjaga RPM sesuai kecepatanya. Dan panduan ECO indicator juga cukup berperan untuk efisiensi bahan bakar, kebetulan pakai Pertalite.

Nah saat itu indikator AVG (average)/ konsumsi rata-rata BBM pada layar LCD sering menunjuk di angka 14.5 km/liter. Tapi sayang lupa ngefotoinya hehehe, dan sempet ambil foto pas AVG 14.0 km/liter berikut ini :

Konsumsi BBM Avanza Matic

Matic Toyota Avanza irit BBM

Kemudian karena tuntutan waktu perjalanan akhirnya random juga saat menginjak pedal gas, sering main RPM tinggi pas akselerasi. Karena menutupi akselerasi yang agak lemot jika diurut perlahan meskipun sudah pakai gigi 3, dan sering indicator ECO mati. Pada beberapa kesempatan pas jalanan kosong di Tol Jakarta Cikampek bisa lari diatas 100 km/jam, sampai ECO Indikator hijaunya mati. Dan sekarang rata-rata konsumsi BBM atau AVG sering berada pada 12,2km/liter sampai 13.5km/liter dengan BBM jenis Pertalite. Oh iya biasa memakai mode 3 dan mode D saja, jarang banget make mode 2 apalagi L untuk dalam Kota.

Speedometer Toyota New Avanza tipe G Matic

Benelli Motobi 152 Sport klasik penantang Kawasaki W175

Yamaha Gear 125 Matic Multiguna dari Mio Series

Fungsi Tombol AC Avanza dan arti Simbolnya

Mesin Toyota Avanza A/T dan spesifikasinya

Mobil penumpang yang serbaguna atau LMPV ini memang dirancang efisien dan eassy to drive untuk segala medan. Dibekali dengan Mesin 4 Silinder DOHC 16 Valve dual VVT-i Injection berkapasitas 1.300cc (1.329cc) transmisi otomatis. Memiliki Power Max 96.5PS @6.000rpm serta Torsi Max 12.3Nm @4.200rpm, namun bukan tanpa kekurangan ya Brad’s.

Mesin Toyota Avanza 1.3G 4 Silinder 16 Valve DOHC VVT-i

Kekurangan Matic Avanza menurut saya pada Akselerasi kurang responsif, hentakanya terasa banget saat perpindahan tiap giginya. Tenaganya kurang untuk melibas tanjakan terutama saat AC hidup meskipun sudah pake mode L… Yaps saya rasa cukup dulu deh… Pegel banget nih nulisnya, lain kali disambung lagi deh…
Semoga bermanfaat…
Salam Fight & Ride…
By JeckminatoR☠️

(Visited 50 times, 1 visits today)

8 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.