Kategori
BERITA Harga Motor HONDA Motor

Honda Astrea Grand motor pertamaku, bahagianya saat Topgear menyala

Honda Astrea Grand motor pertamaku, bahagianya saat Topgear menyala –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Sekadar bernostalgia tentang Honda Astrea Grand motor pertamaku lansiran tahun 1995. Iseng nulis karena tiba-tiba ada postingan tentang motor ini dengan striping yang sama.

Pertama kali punya motor Astrea Grand

Jadi ceritanya beberapa waktu lalu ada postingan di FB yang menjual motor Astrea Grand dengan kondisi masih mulus dan low KM. Stripingnya berwarna ungu terong persis yang pernah saya miliki, sayang nama akun FB yang saya Screenshoot malah kehapus. Jadi nyertain sumber gambar malah kurang lengkap nih, maaf ya buat pemilik gambar tersebut saya pinjam hehehe. Yaps sekitar tahun 2001an silam motor merupakan barang mahal dan ga semua orang mampu beli Brad’s. Termasuk Mas Jecks nih karena Ortu yang pas-pasan akhirnya harus kerja dulu selepas lulus STM buat ngumpulin duit.

Honda Astrea Grand motor pertamaku
Astrea Grand pic by FB

Alhamdullilah bisa bekerja di PT Indomobil Suzuki International yang gaji dan lemburanya lumayan banget saat itu. Bekerja di bagian Welding Muffler Suzuki Satria 120R jam leburnya kenceng banget, cukup 6 bulan bisa buat beli motor deh. Tapi beli motornya second ding atau bahasa kasarnya motor bekas, karena buat beli motor baru kelamaan nabungnya. Soalnya keburu pengen punya motor dengan hasil keringat sendiri, biar lebih afdol gitu deh. Mencari referensi motor tak segampang sekarang serta cukup banyak pertimbangan mulai dari harga, konsumsi BBM, Sparepart dan harga jual kembali. Jadi tiap minta pertimbangan setiap orang berbeda-beda usulanya… Jadi pening pala barbie hiahahaha.

Honda Astrea Grand motor pertamaku

Astrea Grand vs Yamaha RXZ

Setelah beberapa minggu akhirnya pilihan mengerucut pada dua model diatas yang sangat bertentangan dengan penganut Old Skull mind. Tawaran dari temen Yamaha RXZ tahun 1997 dengan tampilan gagah yang bikin Autoganteng dijembreng Rp 6.000.000 nego cukup menggoda. Tapi dimentahkan oleh keluarga katanya motor 2-tak boros banget dan ga recomend… Hadeuh padahal udah ngebet banget dah. Akhirnya muncul tawaran Astra Grand tahun 1995 dengan stripe ungu terong persis gambar yang saya temukan di FB.

Dengan pertimbangan irit, sparepart gampang, mesin bandel dan ga rewel serta merknya Honda menjadi alasan kuat memilih bebek klasik tersebut. Akhirnya terjadilah kesepakatan membeli motor ini dengan harga Rp 6.500.000,- hehehe alhamdulilah dan bahagia sekali saat itu. Walaupun bayangan Yamaha RXZ masih meninggalkan keinginan untuk memilikinya, tapi keputusan sudah diambil jadi ya nikmati sajalah.

Honda Astrea Grand motor pertamaku

Honda Astrea Grand motor pertamaku

Setelah resmi jadi milik saya, biasalah memandangi tiap lekukan bodynya sambil senyum senyum sendiri. Desainya cukup elegan simpel dan manis serta sangat cocok dipakai Bapak-bapak Brad’s, wis ra urus penting dwe motor lah. Sasis model monokok membuatnya ta bisa dimodif sporty lho, apalagi knalpotnya lurus serta jok dan buntutnya mendatar. Tapi bagian belakang dengan lampu sabit ala Ducktail dengan spoiler sedikit menolong tampilanya menjadi elegan.

Dengan motor baru ini cukup menunjang hoby saya yang seneng keluyuran atau sekarang disebut Touring Brad’s. Meski masalah kecepatan dan akselerasi kurang memadai tapi cukup puas bisa ngegeber sampai gas mentok saat itu. Hanya kadang rem Tromol depan belakang yang kurang bisa diandalkan menurut saya sebagai Speedfreak. Saat harus ngerem mendadak kadang membuat saya gedandapan dan harus siap ngeblong kanan kiri. Yang cukup membahagiakan saat riding malam hari yaitu lampu senja yang menyala serta idikator Topgear berwarna kuning yang cukup mempesona. Ya lampu Indikator Topgear menyala pada malam hari cukup menyenangkan dan melekat di ingatan saya sampai saat ini.

Mudik pake Suzuki Thunder 125, begini rasanya

Canelo Alvarez vs Callum Smith, ayo sapi Mexico hancurkan saja rusuknya

Honda Astrea Grand motor pertamaku
Lampu Topgear Astrea Grand menyala pic by kaskus

Menandakan adrenalin darah muda yang terpacu buat gassss tanpa kendor ahahayyy lebay dah… Emang seberapa kencang sih Topspeed Astrea Grand ? Ga tau dah pokoknya saat itu yang penting ngebut udah seneng Brad’s…
Yaps sekedar pengalaman sederhana buat Nostalgia… Tentang motor bebek 4-tak 100cc andalan Federal Motor yang kini bernama Astra Honda Motor atau AHM. Semoga bermanfaat… Salam Cah Nggunung…
By JeckminatoR☠️

(Visited 50 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.