Kategori
BERITA

Air Terjun Banyunibo Manyaran, Wisata Wonogiri

Air Terjun Banyunibo Manyaran, Wisata Wonogiri –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Kali ini kita bahas tempat Wisata Wilayah Wonogiri Jawa Tengah, sekaligus membantu agar lebih populer. Namanya Air Terjun Banyunibo Manyaran, langsung aja nih info rute dan harga tiketnya.

Air Terjun Banyunibo Manyaran

Air Terjun Banyunibo Manyaran

Disebut banyu nibo karena dalam bahasa Jawa sebenarnya berarti Air Terjun, bukan diambil dari nama lokasi ya. Lokasinya jauh diatas gugusan Gunung Sewu, yaitu Pegunungan Karts yang membentang dari timur ke barat yaitu Eromoko sampai Semin Gunungkidul. Daerahnya sejuk adem dan asri seperti tempat Wisata Air Terjun pada umumnya, ditambah pemandangan persawahan yang indah. Lalu apa saja yang ditawarkan tempat wisata ini ya ? Hmmm sebentar nyruput kopi dulu…

Tempat ini memiliki panorama yang indah khas pegunungan yang didominasi bebatuan Karts serta pemandangan Air terjun. Biasalah kita bisa bermain air dan mandi disini, bisa juga ngopi dan bersantai sak karepe dewe. Kalau bisa pas musim hujan deh, karena dipastikan banyak airnya, kalau Kemarau seperti saat ini ga bisa dipastikan. Karena debit airnya cukup kecil, hanya menetes saja sih, jadi agak sedikit kecewa.

Pos tiket masuk wisata Banyu Nibo

Fasilitas dan Harga tiket masuk

Nah untuk fasilitas di wilayah Air Terjun sebenarnya dulu sudah dikelola dengan baik oleh warga setempat Brad’s… Mulai dari Toilet, tempat duduk, Saung dan anak tangga pernah dibangun disini, tapi sekarang mulai rusak dan belum ada perbaikan. Persoalan klasik sih apalagi kalau bukan masalah pemasukan yang ga sesuai, karena jumlah pengunjung jumlahnya tak sesuai harapan. Jadi apa yang selama ini dibangun terbengkalai begitu saja… Sangat disayangkan sebetulnya, tapi faktor keadaanlah yang menjadi penyebabnya.

Untuk harga tiket masuk biasanya kita membayar sebesar Rp 5000/orang serta biaya parkir Rp 2000,- saja. Tapi sekarang ini Pos masuk sudah ga ada yang jaga Brad’s, jadi masuk gitu aja tanpa membayar. Padahal pas masuk saya tungguin sambil clingak clinguk eh bener emang ngga ada yang jaga, jadi terpaksa masuk di ujung deh.

Rute menuju Air Terjun

Chris Colbert vs Gamboa, prediksi dan jadwalnya

Taman I Love GK Gunungkidul, Spot Selfie semin

Harga Yamaha MX King 150 dan pilihan warna 2021

Lokasi Air terjun Banyunibo Manyaran

Tempat Wisata ini terletak di Desa Ngluwur Kepuh sari Manyaran sisi selatan yang bisa diakses dari berbagai arah. Dari arah Yogya, Klaten dan Semin menuju ketimur jl Semin Manyaran lalu belok kanan di pertigaan Mblimbing menuju Kepuhsari. Sedangkan dari arah Wonogiri Wuryantoro kearah barat sampai Pasar Tiken belok kiri melewati Pijiharjo menuju Kepuhsari. Nah diperempatan Kepuhsari ambil kiri kalau dari timur atau kanan kalau dari arah barat mengikuti jalan arah Tlogo.

Rute menuju Mbanyu Nibo

Lalu mengikuti jalan Cor sesuai petunjuk rute yang dipasang warga setempat, jalanya berliku naik turun khas pegunungan. Melewati Spot Wisata Gunung Kotak bablas terus ke selatan dan anda akan sampai lokasi yang dituju. Sebelum menuju tempat ini sebaiknya bawa perbekalan yang dibutuhkan Brad’s, atau kalau bisa belanja di warung sekitar sekalian Suport mereka. Jangan lupa ikuti tata tertib yang ada, jaga sikap dan kesopanan juga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan ya…

Air Terjun Banyunibo Manyaran
Air terjunya lagi kering

Yaps artikel ini juga sebagai bentuk Support bagi Wisata Lokal agar lebih dikenal dan berkembang di kemudian hari Brad’s… Semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride…
By JeckminatoR☠️

(Visited 8 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.